uefau17.com

Review Samsung Galaxy A34 5G: Andalkan Layar 120Hz Super Cerah, Bikin Konten di Outdoor Makin Mudah - Tekno

, Jakarta - Belum lama ini, Samsung kembali meluncurkan salah satu smartphone kelas mid-range terbarunya, yaitu Galaxy A34 5G. Ponsel ini hadir bersamaan dengan Galaxy A54 5G yang melengkapi lini Galaxy A Series di tahun 2023. 

Dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan, HP penerus Galaxy A33 5G ini menghadirkan sederet pembaruan fitur dan spesifikasi yang cukup signifikan dari pendahulunya.

Sekilas tentang spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G, HP ini ditenagai chipset Dimensity 1080. Kemampuan performanya telah mengalami peningkatan sebesar 17 persen dari segi CPU dan 14 persen untuk GPU. 

Untuk menunjang kinerjanya, Samsung Galaxy A34 5G ditenagai baterai berkekuatan 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari, sehingga dapat mendukung berbagai kegiatan pengguna.

Review Samsung Galaxy A34 5G

HP Samsung ini pun telah menyambangi Tekno . Selama beberapa pekan, kami berkesempatan untuk menjajal fitur-fitur unggulannya.

Berikut ini ulasan singkat mengenai pengalaman kami dalam menggunakan Galaxy A34 5G.

<p>Samsung Galaxy A34 5G. (/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

  • Desain

Bagian paling menarik perhatian dari Samsung Galaxy A34 5G ini adalah desainnya yang telah mendekati seri flagship terbaru Samsung. Mengadopsi sudut bodi yang lebih melengkung dan konfigurasi tiga kamera tanpa bingkai, tampilan belakang Galaxy A34 5G terbilang sangat mirip dengan Galaxy S23 Series. 

Namun jika diperhatikan, penempatan LED flash pada Galaxy A34 berada di antara lensa atas dan tengah, sedangkan pada Galaxy S23 terletak tepat di samping lensa atas. 

Varian warna Galaxy A34 5G yang kami terima adalah Awesome Silver. Varian ini memang paling menarik perhatian karena mampu menampilkan berbagai warna mengkilap tergantung pada pencahayaan. 

Bagian cover belakangnya menggunakan bahan polikarbonat yang dibalut dengan lapisan matte sehingga tidak terasa licin dan bekas sidik jari tidak mudah menempel.

Dalam genggaman, Galaxy A34 terasa sedikit lebih tebal dan memiliki bobot yang lebih berat dari Galaxy A33. Akan tetapi, ukurannya masih pas di tangan.

Sisi bodinya juga terasa solid. Pada tepi kanan ponsel, terdapat tombol power dan volume, sedangkan slot kartu SIM hybrid diletakkan di bagian atas. 

Samsung menyematkan sensor pemindai sidik jari tersemat pada layar ponsel. Kemudian, pada sisi bagian bawah tertanam port USB Type-C, speaker, dan lubang microphone

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Performa dan Daya Tahan Baterai dalam Pemakaian Sehari-hari

  • Performa

Untuk performanya, kami rasa Galaxy A34 5G memiliki kemampuan kinerja yang pas untuk penggunaan sehari-hari. Multitasking dan buka tutup berbagai aplikasi dapat dilakukan dengan gesit oleh HP ini.

Perangkat ini menggunakan chipset Dimensity 1080 yang didukung RAM 8GB serta memori internal 128GB dan 256GB. Kapasitas penyimpanan yang terbilang besar ini cukup membantu untuk memasang banyak aplikasi, termasuk game dengan grafik tinggi.

<p>Skor AnTuTu (kiri) dan Geekbench (kanan) dari Samsung Galaxy A34 5G (/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Untuk menguji performanya, kami menjalankan tes di AnTuTu Benchmark. Dari ketiga tes yang dilakukan, Galaxy A34 5G mendapatkan skor tertinggi sebesar 483.204. Sementara itu, ponsel ini meraih skor Geekbench sebesar 1027 untuk single core dan 2491 untuk multi-core.

  • Baterai

Dari segi daya, baterai berkapasitas 5.000mAh yang dimilikinya mampu bertahan seharian penuh untuk pemakaian ringan, seperti mengakses media sosial, streaming, dan gaming.

Ketika diajak bermain Asphalt 9 dengan setelan visual High Quality selama sekitar 20 menit, baterainya hanya berkurang 5 persen dan tampilan tetap stabil. 

<p>Samsung Galaxy A34 5G untuk bermain game Asphalt 9. (/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Sementara itu, baterai berkurang 2 hingga 3 persen ketika digunakan untuk menonton YouTube sekitar 20 menit sehingga cukup awet.

Dengan dukungan fitur fast charging 25W, baterai Galaxy A34 5G mampu mengisi daya dari 22 persen ke 100 persen dalam waktu 1 jam 25 menit.

3 dari 5 halaman

Kualitas Layar dan Audio

  • Layar

Salah satu aspek yang kami suka dari Galaxy A34 5G ini adalah layarnya. Meskipun masih menggunakan tampilan Infinity-U yang bisa dikatakan jadul untuk kelas harganya, tapi panel Super AMOLED yang dibawa mampu menghasilkan kualitas gambar dan warna tajam. 

<p>Samsung Galaxy A34 5G. (/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Untuk penggunaan di luar ruangan dengan kondisi cahaya matahari terik pun layar ponsel ini masih dapat memberikan tampilan terang dan gambar yang jelas. Hal ini berkat kehadiran Vision Booster dengan tingkat kecerahan 1000 nits yang 25 persen lebih terang dari produk-produk pendahulunya.

Refresh rate 120Hz pada layar perangkat ini juga mendukung aktivitas scrolling media sosial menjadi lebih lancar dan terlihat mulus. Tak hanya itu, layarnya yang berukuran 6,6 inci membuat kegiatan menonton film, bermain game, dan daily use lainnya semakin nyaman. 

Sayangnya bezel kanan kiri di ponsel ini terlihat tebal jika dibandingkan dengan Galaxy A33 5G, namun lebih tipis di bagian dagu bawahnya. 

  • Audio

Mengikuti standar dari seri sebelumnya, Galaxy A34 5G sudah menggunakan speaker stereo. Kualitas audionya pun baik, tidak ada hal yang mengganggu pengalaman kami ketika streaming atau mendengarkan musik di berbagai platform.

Suara yang dihasilkan jernih dan tidak terdengar pecah, meskipun volume diatur mendekati full. 

4 dari 5 halaman

Kemampuan Kamera dan Hasil Foto

Dari segi kamera, foto yang dihasilkan kamera belakangnya terlihat detail dan tajam. Dengan resolusi 48MP, warna pada hasil foto cerah jika digunakan untuk memotret dalam kondisi terang. Lensa ultrawide-nya juga mampu menangkap suasana yang pas.

Di sisi lain, fitur night mode pada HP ini cukup membantu proses pemotretan di tempat yang minim pencahayaan. Hasil foto malam hari menjadi lebih terang tetapi tidak over exposure, meskipun detail foto menurun.

Penggunaan OIS (Optical Image Stabilization) pada kameranya pun membuat hasil video tetap stabil meskipun direkam sambil berjalan. Kehadiran fitur AI juga membantu mengurangi keburaman hasil jepretan dan menciptakan warna yang lebih terang.

Sementara untuk kamera depan, kami merasa Galaxy A34 5G mampu menangkap warna yang lebih natural untuk warna kulit dibandingkan Galaxy A33 5G yang cenderung lebih kekuningan. 

Berikut ini adalah beberapa hasil foto dari kamera Samsung Galaxy A34 5G.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy A34 5G menjadi HP kelas menengah harga Rp 5 jutaan yang membawa nuansa flagship. Dengan desain fresh dan pilihan warna kekinian, ponsel ini memberikan kesan premium mirip Galaxy S23 Series.

Performa dan spesifikasinya cocok untuk Social Savvy yang gemar memotret berbagai momen indoor maupun outdoor. Lalu, segera mengunggahnya di media sosial tanpa perlu repot-repot mengedit. 

Fitur-fitur yang hadir pun sudah lengkap, mulai dari konektivitas 5G, NFC untuk memudahkan transaksi dengan e-money, serta sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Nilai plus lain dari Galaxy A34 5G ini adalah jaminan 4 kali OS Update dan 5 tahun Security Update sehingga pas untuk penggunaan jangka panjang.

Menurut kami, ponsel ini merupakan all-rounder karena cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengguna di berbagai aspek. Jika kamu mengharapkan smartphone dengan kemampuan yang dapat diandalkan dalam beragam kondisi, Samsung Galaxy A34 5G dapat menjadi pilihan yang cocok dilirik.

Perlu diingat, ulasan yang kami bahas di artikel ini didasarkan pada pengalaman kami selama menggunakan Samsung Galaxy A34 5G. Setiap orang mungkin memiliki perbedaan pengalaman, preferensi, dan pengetahuan tentang perangkat ini yang disebabkan berbagai faktor pemakaian. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat