uefau17.com

Deretan Pembaruan Hadir Bantu Admin Kelola Grup WhatsApp Lebih Mudah - Tekno

, Jakarta - WhatsApp telah menghadirkan fitur Komunitas di tahun lalu. Lewat fitur ini, aplikasi chatting tersebut ingin membantu lebih banyak orang mendapatkan manfaat dari grup mereka.

Sejak fitur itu diluncurkan, WhatsApp pun melakukan sejumlah pembaruan fitur yang ditujukan untuk admin maupun pengguna. Dengan pembaruan tersebut, aplikasi ingin memudahkan admin grup WhatsApp melakukan pengelolaan. 

Selain itu, lewat pembaruan fitur ini, perusahaan ingin setiap anggota di dalam grup bisa berinterakasi dengan lebih nyaman. Nah, apa saja pembaruan yang dibawa WhatsApp kali ini? Simak daftarnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (22/3/2023).

  • Kontrol Baru untuk Admin

Dengan makin banyak orang yang bergabung dalam komunitas, WhatsApp menuturkan mereka ingin memberikan kontrol lebih pada admin grup terkait privasi grup mereka.

"Oleh karenanya, kami telah menambahkan fitur sederhana yang memungkinkan admin untuk menentukan siapa yang dapat bergabung ke dalam grup," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Jadi, ketika admin memilih membagikan tautan undangan grupnya atau menjadikan grupnya dapat tergabung dalam Komunitas WhatsApp, mereka kini memiliki kontrol lebih besar atas siapa saja yang dapat bergabung.

  • Lihat Grup yang Sama dengan Mudah

Tidak hanya itu, dengan pertumbuhan Komunitas dan grup yang semakin besar, aplikasi WhatsApp ingin mempermudah cara mengetahui grup mana yang memiliki kesamaan dengan seseorang.

"Baik Anda mencoba mengingat nama grup yang Anda ketahui, sudah Anda bagikan dengan seseorang atau Anda ingin melihat grup tempat kalian berdua berada, Anda kini bisa dengan mudah mencari nama kontak untuk melihat grup yang sama," tulis WhatsApp.

Rencananya, fitur ini akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan untuk seluruh pengguna aplikasi WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Garap Fitur Baru untuk Hapus Otomatis Grup yang Tak Aktif

Seperti diketahui, bagi pengguna WhatsApp, bergabung dalam suatu grup untuk kebutuhan tertentu mungkin sudah sering dilakukan. Untuk grup dengan keperluan jangka pendek, beberapa pengguna langsung menghapus grup WhatsApp tersebut setelah tujuan pembuatannya selesai. 

Namun, sebagian besar pengguna lainnya terkadang melupakan grup tersebut dan membiarkannya mengendap di aplikasi WhatsApp ponsel mereka. Grup tersebut pun jadi tidak terpakai bahkan tidak aktif lagi. 

Meskipun tidak mengganggu kegunaan WhatsApp untuk chatting, grup yang tidak terpakai alias tidak aktif di aplikasi WhatsApp dapat membuat penyimpanan smartphone pengguna cepat penuh sehingga memperlambat kinerja perangkat yang digunakan.

Begitu pula bagi WhatsApp, kemungkinan terdapat jutaan grup WhatsApp yang tidak aktif dan memenuhi server mereka. 

Sadar akan masalah grup WhatsApp yang tidak aktif ini, platform Meta berupaya menghadirkan solusi yang bisa membantu grup WhatsApp tak aktif mereka secara otomatis. Laporan WABetaInfo yang dikutip Jumat (10/3/2023) menyebut, fitur baru WhatsApp ini akan secara resmi disebut sebagai Expiring Groups.

Pada pembaruan WhatsApp Beta untuk iOS 23.5.0.70 telah dirilis di aplikasi TestFlight, platform ini memberikan beberapa perbaikan bug dan peningkatan secara umum. 

Setelah sebelumnya memperkenalkan fitur Disappearing Messages yang dapat menghapus obrolan setelah waktu yang ditentukan, WhatsApp berencana memperluas fungsinya dengan menghadirkan fitur Expiring Groups.

3 dari 4 halaman

Menghapus Grup Tidak Terpakai Secara Otomatis dengan Fitur Expiring Groups

Sesuai namanya, fitur Expiring Groups ini akan memungkinkan pengguna mengatur tanggal kedaluwarsa suatu grup WhatsApp. Setelah tanggalnya habis, grup tersebut akan dibubarkan secara otomatis. 

Masih dari laporan WABetaInfo, foto tangkapan layar versi iOS dari fitur ini  menampilkan opsi waktu yang dapat dipilih pengguna sebagai waktu kedaluwarsa, mulai dari satu hari, satu minggu, hingga tanggal yang bisa diatur sendiri. 

Jika pengguna ingin mengubah pengaturannya, pengguna juga dapat menghapus tanggal kedaluwarsa yang telah ditentukan sebelumnya.  

4 dari 4 halaman

Jadwal Rilis yang Belum Diketahui

Menurut WABetaInfo, fitur yang masih dalam pengembangan ini belum siap untuk dirilis ke penguji Beta. Oleh karenanya, tanggal pasti terkait perilisannya pun belum dapat dipastikan. 

Selain itu, terdapat pula informasi lain yang menyebutkan bahwa fitur ini hanya akan memberikan peringatan ketika suatu grup telah kedaluwarsa, bukan menghapusnya secara langsung. Dengan begitu, pengguna perlu menghapusnya sendiri.

Fitur ini juga dikabarkan hanya akan berlaku pada pengguna dan tidak akan memengaruhi peserta grup lainnya.

Meskipun belum pasti, fitur ini diharapkan dapat memberi solusi yang baik untuk masalah umum di mana grup WhatsApp cenderung menjadi tidak relevan dari waktu ke waktu. 

Fitur ini juga memberi pengguna pilihan untuk menghemat ruang penyimpanan perangkat mereka.  

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat