uefau17.com

Apple Disebut Segera Rilis MacBook Air 13 Inci dan MacBook Air 15 Inci Teranyar - Tekno

, Jakarta - Apple disebut-sebut bakal meluncurkan laptop MacBook Air 13 inci dan MacBook Air 15 inci teranyar. Kabar ini dilontarkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg.

Melalui buletin Power On-nya, Gurman menyoroti pembaruan MacBook Air sudah cukup dekat, tetapi beberapa hal spesifik seperti chip yang akan dipakai, sedikit kurang jelas.

Mengutip 9to5mac, Senin (6/3/2023), meski bisa saja membawa chip M2 lawas di MacBook Air 15 inci, menurut Gurman, Apple lebih mungkin bakal menempatkan M3 di MacBook Air 13 inci yang diperbarui.

"MacBook Air 15 inci dengan chip M2 mungkin masih menggairahkan konsumen, tetapi MacBook Air M2 13 inci baru sepertinya tidak menarik. Jadi masuk akal jika Apple bersiap untuk setidaknya model 13 inci baru menjadi mesin M3," ujar Gurman. 

Menariknya, analis Apple Ming-Chi Kuo juga memperkirakan, Apple akan menyematkan M2 atau M2 Pro di MacBook Air 15 inci yang akan datang, meski dia yakin laptop ini hanya akan diberi nama MacBook.

Jika Apple menargetkan rilis MacBook Air 15 inci segera setelah April atau setidaknya sebelum Juni 2023, ini masuk akal apabila perangkat tersebut datang dengan M2 atau M2 Pro.

Ini bisa menahan versi 13 inci hingga Worldwide Developers Conference (WWDC), di mana mereka akan mengumumkan chip M3.

Meski begitu, Gurman tidak menentukan perkiraan untuk tanggal perilisan salah satu MacBook Air baru, selain yang dijadwalkan tiba antara "akhir musim semi dan musim panas."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Bawa Perubahan Besar di Chip M3

Menurut Gurman, M3 akan jadi perubahan yang penting, karena Apple beralih dari desain chip 5nm ke 3nm, dan membawa peningkatan besar dalam efisiensi daya dan kinerja.

Tak cuma itu, laporan Gurman juga memperkirakan chip M3 akan hadir di OLED iPad Pro baru pada paruh pertama tahun 2024.

Dan dalam dua tahun, Mark mengatakan "peningkatan Mac yang lebih menarik akan hadir paling cepat tahun 2025". Seperti yang dia laporkan sebelumnya, bisa jadi ini MacBook pertama Apple dengan layar sentuh dan OLED.

Gurman dalam catatannya yang sama, juga menyebut bahwa Apple sedang mempersiapkan iMac baru, yang diperkirakan membawa chip M3.

Menurut Gurman, iMac ini akan hadir dengan ukuran layar 24 inci yang sama dengan model sebelumnya, serta chip M3 yang lebih bertenaga dengan proses 3nm.

 

3 dari 4 halaman

iMac Baru dengan Chip M3 Apple

Mengutip The Verge, Senin (6/3/2023), iMac baru ini diperkirakan tidak akan memasuki tahap produksi massal sampai setidaknya tiga bulan, tapi masih bisa mulai dikirimkan di paruh kedua tahun ini.

Gurman menyebut iMac baru ini masih berada di "tahap pengembangan lanjutan" dan Apple saat ini "melakukan uji produksi mesin."

Rincian lain yang diungkap oleh Gurman adalah, beberapa komponen internal iMac mungkin "dipindahkan dan didesain ulang," dan bahwa proses produksi untuk memasang dudukan iMac ke layar akan "berbeda."

Dikutip dari 9to5mac, Gurman melaporkan bahwa iMac baru akan lebih bertenaga dengan chip Apple Silicon M-Series yang diperbarui.

Rumor yang sempat disiarkan sebelumnya oleh Gurman, juga sempat mengisyaratkan perilisan iMac baru dengan chip M3, di tahun 2023. Kabar itu juga diperkuat dari sumber independen 9to5mac.

 

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Waktu Rilis Bocoran M3

Dalam laporannya, Gurman mengulangi perkiraan bahwa iMac baru akan menjadi "salah satu mesin berbasis M3 pertama perusahaan."

Serupa dengan peluncuran M2 di Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun lalu, mungkin saja bocoran untuk M3 akan hadir pada bulan Juni ini, jelang perilisan iMac terbaru di kemudian hari.

Gurman tidak menyebutkan kapan perilisan iMac baru ini. Namun jika merujuk pada keterangan sebelumnya, mungkin perangkat anyar Apple ini akan dirilis paling cepat di paruh kedua tahun 2022.

(Dio/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat