uefau17.com

Instagram Mulai Uji Coba Feed Sesuai Kronologi Waktu Unggah - Tekno

, Jakarta - Bos Instagram Adam Mosseri mengatakan, jejaring sosial tersebut mulai menguji coba dua pengaturan feed. Salah satunya adalah opsi feed berbasis kronologi waktu unggah, yang banyak diminati pengguna.

Mengutip The Verge, Kamis (6/1/2022), dalam video yang dibagikan, Mosseri menjajal sebuah menu dengan tiga opsi untuk mengatur bagaimana Instagram akan menampilkan unggahan.

Ketiga opsi tampilan feed Instagram yang dimaksud adalah Home, Following, dan Favorites.

"Kami mulai menguji coba kemampuan untuk beralih antara tiga tampilan feed berbeda, dua di antaranya akan memberikan opsi ke pengguna untuk melihat unggahan sesuai urutan kronologi," kata Mosseri melalui unggahannya.

Pengaturan "Home" merujuk pada tampilan feed Instagram yang paling akrab dengan pengguna. Di mana, feed ditampilkan berdasarkan prediksi Instagram mengenai apa yang akan dianggap menarik atau sesuai minat pengguna.

Konten-konten yang ditampilkan di feed IG pengguna diberi peringkat menggunakan algoritme Instagram.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilan Unggahan Sesuai Kronologi

Selanjutnya adalah feed "Favorites" yang akan diisi dengan konten dari subset akun yang dipilih pengguna. Mosseri mengatakan, ia menggunakan feed ini untuk saudara kandung, pembuat konten tertentu, dan teman.

Terakhir adalah feed "Following", yang diatur berdasarkan kronologi dari akun yang diikuti oleh seorang pengguna.

Mosseri sebelumnya menjanjikan Instagram akan menghadirkan kembali tampilan feed berbasis kronologi, pada sidang subkomite Senat AS, Desember lalu.

Sementara pada QnA bulan lalu, Mosseri juga mengatakan, Instagram telah menguji ide Favorite, yang menampilkan konten ke pengguna berdasarkan waktu unggah, sesuai kronologi.

3 dari 4 halaman

Tampilan Feed Sesuai Ketertarikan Pengguna Sempat Diprotes

Feed yang diurutkan secara algoritme Instagram sebelumnya mendapat kritikan dari pengguna sejak pertama kali diperkenalkan pada 2016.

Pengguna mengeluh tentang waktu yang lama tanpa melihat unggahan dari akun-akun yang mereka ikuti. Para pengguna mengeluh mereka malah melihat unggahan lama di bagian atas feed.

Pembuat konten pun saat itu berspekulasi mengenai bagaimana algoritme memutuskan konten mana yang ditampilkan ke atas dan mana yang tidak. Mosseri pun menulis dalam blog untuk memberi penjelaskan mengenai metode yang dipakai Instagram untuk menampilkan feed kepada penggunanya.

Terkait kembalinya tampilan feed berdasarkan kronologis, beberapa pengguna mengaku memperhatikan adanya opsi baru ini di aplikasi Instagram.

Sayangnya Instagram tidak menanggapi pertanyaan tentang kapan perubahan tersebut akan diterapkan untuk seluruh pengguna.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat