uefau17.com

Pandemi Covid-19, Square Enix Tunda Pengumuman Final Fantasy XVI - Tekno

, Jakarta - Square Enix diketahui akan melakukan pengumuman besar menjelang akhir tahun ini. Pengembang asal Jepang itu disebut akan mengumumkan kehadiran Final Fantasy XVI.

Namun dari laporan terbaru, pengumuman itu terpaksa ditunda akibat masih adanya pandemi Covid-19. Square Enix menyebut pengumuman mengenai seri terbaru Final Fantasy ini akan mundur sekitar enam bulan ke depan.

"Saya berjanji akan memberikan informasi lebih banyak mengenai Final Fantasy XVI di akhir 2021. Namun, saya menyesal tidak bisa memenuhi janji tersebut," tuturnya produser Final Fantasy Naoki Yoshida seperti dikutip dari Kotaku, Selasa (28/12/2021).

Untuk diketahui, Final Fantasy XVI dikembangkan oleh sejumlah kreator yang tersebar di seluruh dunia. Di sisi lain, selama pandemi ini, Square Enix mengizinkan pekerjanya untuk bekerja dari rumah.

"Sayangnya, kondisi ini menghambat komunikasi dari kantor Tokyo yang akibatnya menyebabkan keterlambatan, dalam kasus paling ekstrem, pembatalan pengiriman aset dari mitra outsourcing kami," tuturnya.

Oleh sebab itu, Naoki meminta maaf pada semua pihak yang menantikan informasi mengenai Final Fantasy XVI.

"Kami juga berterima kasih untuk kesabaran kalian menunggu sambil kami fokus untuk terus mengembangkan game ini," tuturnya.

Naoki sendiri tidak mengungkap secara pasti jadwal pengumuman dari Final Fantasy XVI. Hanya dari pernyataanya diketahui, game ini akan diungkap pada musim semi 2022 atau sekitar pertengahan tahun depan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Final Fantasy VIII Remastered Kini Hadir di Android dan iOS

Di sisi lain, Square Enix akhirnya mengumumkan Final Fantasy VIII Remastered hadir untuk platform mobile. Dengan kata lain, gim ini sudah dapat diunduh di App Store dan Google Play Store.

Dilansir Engadget, Jumat (26/3/2021), Final Fantasy VII Remastered dibanderol seharga USD 17 atau sekitar Rp 245.000. Namun mulai 4 April 2021, harganya naik menjadi USD 21 atau sekitar 302.000.

Berdasarkan informasi Square Enix, gim ini merupakan porting-an dari versi remastered untuk PC yang rilis 1999. Mengingat hasil porting-an dari PC, pemain mungkin akan menemukan beberapa glitch dalam gim.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Glitch

Beberapa di antaranya adalah kesulitan saat naik atau turun kendaraan. Selain itu, modus Chocobo World juga tidak dapat dimainkan di Final Fantasy VIII Remastered versi mobile ini. 

Bagi kamu yang tertarik memiliki gim ini, perlu menyiapkan memori yang cukup di perangkat. Sebab, ukuran keseluruhan Final Fantasy VIII Remastered adalah 2,59GB.

Square Enix juga memastikan gim ini tersimpan di cloud. Sebagai tambahan, perusahaan berencana untuk mendukung kontroler yang bakal hadir lewat pembaruan di masa depan.

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat