uefau17.com

Instagram Lite Dirilis Lagi, Ukurannya Cuma 2MB - Tekno

, Jakarta - Instagram menghadirkan aplikasi Instagram Lite. Aplikasi Instagram versi ringan ini ukurannya hanya 2MB.

Instagram Lite hadir bagi negara-negara yang jaringan internetnya belum stabil sekaligus untuk para pengguna yang memakai perangkat entry level.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (23/12/2020), Instagram Lite bukan teknologi asing, pasalnya pada awal 2020, Instagram sempat "membunuh" aplikasi Instagram Lite dan kini kembali menghidupkannya.

Instagram saat itu mengatakan, pihaknya tengah memperbarui Instagram Lite ke versi terbaru. Setelah berbulan-bulan perbaikan, Instagram mengumumkan kembali hadirnya Instagram Lite.

Kendati demikian, perlu diketahui Instagram Lite saat ini baru tersedia untuk para pengguna di India.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Fitur Tidak Bisa Diakses di Instagram Lite

Sekadar informasi, aplikasi Instagram Lite ini memiliki fungsi seperti Instagram reguler. Pengguna bisa mengakses fitur inti seperti feed dan Instagram Stories.

Sayangnya, para pengguna tidak akan bisa memakai fitur baru Instagram di versi lite ini. Fitur seperti Reel, IGTV, dan stiker berbasis AR yang ada di Stories tidak akan tersedia di Instagram Lite.

Sejauh ini, belum diketahui apakah Instagram berencana membawa Instagram Lite ke negara-negara lain.

Kehadiran Instagram Lite sendiri bukanlah ide yang buruk, bahkan ketika seorang pengguna tinggal di tempat dengan koneksi internet cepat dan stabil. Semoga saja Instagram Lite segera rilis di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Sebelumnya, Instagram Lite Dihapus

Instagram Lite sebelumnya dihapus keberadaannya dari toko aplikasi pada Mei 2020. Informasi ini pertama kali dilaporkan Android Police setelah aplikasi itu diketahui menghilang dari daftar Google Play Store sejak bulan lalu.

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (12/5/2020), Instagram Lite sudah tidak dapat ditemui di sejumlah negara, seperti Kenya, Meksiko, Peru, dan Filipina.

Menurut laporan, pengguna yang masih memakai aplikasi ini akan langsung diarahkan ke aplikasi utama Instagram. Selain itu, mereka juga akan mendapat pesan notifikasi yang menyebut 'Instagram Lite sudah tidak lagi didukung'.

Menyusul keputusan ini, juru bicara Facebook memang mengatakan pihaknya sudah menarik kembali uji coba aplikasi Instagram Lite. Karenanya, pengguna disarankan untuk beralih ke versi Instagram terbaru untuk tetap dapat terhubung dengan orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Pertama Rilis Tahun 2018

Sekadar informasi, aplikasi ini pertama kali diluncurkan di Google Play pada Juni 2018. Sama seperti aplikasi lain dengan nama serupa, Instagram Lite menawarkan pengalaman aplikasi yang lebih sederhana, baik dari ukuran dan fitur yang ditawarkan.

Adapun aplikasi ini menyasar pasar negara berkembang yang memang masih dianggap memiliki banyak pengguna smartphone entry level. Karenanya, keberadaan aplikasi semacam ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna di kelas tersebut.

Meski sudah dihapus dari toko aplikasi, Facebook sebenarnya masih mempunyai rencana mengenai Instagram Lite. Oleh sebab itu, laporan menyebut raksasa media sosial tersebut akan mengolah data yang diterima selama dua tahun ini, untuk membuat versi Lite terbaru.

Untuk diketahui, Instagram Lite sebenarnya cukup populer di pasar negara berkembang, seperti Kenya, Meksiko, dan Filipina. Hanya, aplikasi ini memang belum tersedia beberapa negara yang menjadi target, yakni India, Indonesia, dan Brasil.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat