uefau17.com

Harmony OS Akan Segera Gantikan EMUI? - Tekno

, Jakarta - Huawei telah mengumumkan HarmonyOS pada Agustus lalu. Kini menurut laporan, EMUI 11 akan menjadi versi EMUI terakhir sebelum digantikan oleh HarmonyOS atau yang juga disebut sebagai HongMeng OS.

Dilansir GSM Arena, Jumat (30/10/2020), informasi ini mengemuka dari MyDrivers yang mewawancarai Head of Software Development Huawei Consumer Business Group, Wang Chengdu.

Di dalam wawancara tersebut ada pertanyaan mengenai bagaimana EMUI 11 dan HarmonyOS . Chengdu pun menjelaskan bahwa EMUI 11 menggunakan framework yang sama dengan HongMeng, begitu juga dengan system scheduler dan perubahan lainnya.

Pernyataan tersebut pun dinilai mengindikasikan versi terbaru EMUI 11 yang berbasis pada Android 11, sudah merupakan rilis transisi yang mempersiapkan perangkat dan konsumen untuk mengadopsi peluncuran publik pertama HarmonyOS .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluncuran Bertahap

HongMeng OS 2.0 beta akan pertama kali hadir pada TV, mobil, dan jam. Sementara perangkat mobile yang meluncur dengan EMUI 11 akan menjadi yang pertama menerima HongMeng OS 2.0 OTA.

Berdasarkan timeline dari awal bulan ini, gelombang pertama ponsel yang akan mendapatkan Harmony atau HongMeng OS adalah yang disokong chipset Kirin 900 seperti lini Mate 40.

Setelah itu perangkat dengan Kirin 990 5G dan menyusul Kirin 810.

3 dari 3 halaman

HarmonyOS 2.0 untuk Huawei Mate 40

Huawei sebelumnya sudah mengonfirmasi bahwa beberapa smartphone yang menjalankan EMUI 11 akan bisa memasang HarmonyOS 2.0.

OS tersebut sedang dirilis untuk developer dan versi beta pertama untuk ponsel diprediksi hadir pada Desember 2020.

Sebuah poster di Weibo beredar berisi informasi mengenai kehadiran HarmonyOS 2.0.

Berdasarkan keterangan yang ada, ponsel dengan chipset Kirin 9000 akan menjadi yang pertama bisa mencicipi HarmonyOS. Seri flagship Mate 40 sudah meluncur dengan chipset tersebut.

(Din/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat