uefau17.com

Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos Lepas Saham Amazon Senilai Rp 45 Triliun - Tekno

, Jakarta - Pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos menjual satu juta lembar saham Amazon senilai USD 3,1 miliar atau setara Rp 45,2 triliun. Informasi ini diketahui dari dokumen yang diajukan ke Securities and Exchange Commission AS.

Mengutip Forbes, Jumat (7/8/2020), setelah dipotong pajak, orang terkaya di dunia ini akan mendapat sekitar USD 2,4 miliar (setara Rp 35 triliun).

Jeff Bezos diketahui terakhir menjual saham Amazon dengan nilai terbesar pada Februari lalu. Saat itu ia menjual saham Amazon senilai USD 1,7 miliar (setara Rp 24,8 triliun).

Forbes memperkirakan, saat ini nilai kekayaannya sebesar USD 188,2 miliar. Meski menjual saham Amazon, dia tetap menjadi orang terkaya di dunia saat ini.

Sejauh ini tidak jelas kenapa Jeff Bezos memutuskan untuk menjual sahamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkomitmen Jual Saham Tiap Tahun

Sebelumnya, pada 2017, pendiri Amazon ini menegaskan, ia akan menjual saham senilai USD 1 miliar tiap tahun untuk mendanai Blue Origin, perusahaan eksplorasi antariksanya.

Bezos juga membuat komitmen lainnya, yakni untuk berdonasi. Pada September 2018 Bezos berkomitmen menyumbang USD 2 miliar untuk yayasan miliknya Bezos Day One Funds. Yayasan ini fokus menghadirkan pendidikan prasekolah untuk anak-anak dari keluarga tunawisma.

Sejak itu, Bezos telah menyumbang setidaknya USD 200 juta untuk tunawisma. Ia juga berkomitmen mendonasikan USD 10 miliar untuk yayasan yang fokus pada perubahan iklim, Bezos Earth Fund.

Juru bicara Amazon belum memberikan komentar terkait dengan penjualan saham oleh Bezos.

 

3 dari 3 halaman

Harta Bertambah Rp 190 Triliun dalam Sehari

Juli lalu, harta orang terkaya di dunia Jeff Bezos bertambah USD 13 miliar (atau setara Rp 190 triliun) dalam sehari. 

Dalam laporan Bloomberg, pertambahan harta Bezos ini merupakan pertambahan kekayaan paling besar bagi seorang individu, yang tercatat sejak 2012.

Penambahan jumlah kekayaan Jeff Bezos seiring dengan kenaikan nilai saham Amazon sebesar 73 persen pada tahun ini. Kenaikan nilai saham ini dipicu oleh optimisme terhadap tren belanja online.

Pria berusia 56 tahun itu merupakan orang terkaya di dunia. Hebatnya lagi, sepanjang tahun 2020, kekayaan Jeff Bezos juga meningkat tajam dari USD 74 miliar (Rp 1.082 triliun) menjadi USD 189,3 miliar (Rp 2.770 triliun). Demikian dilaporkan Bloomberg, Rabu (22/7/2020). Padahal, Amerika Serikat kini tengah mengalami penurunan ekonomi.

Nilai kekayaannya bahkan diperkirakan melebihi valuasi pasar perusahaan besar seperti Exxon Mobil Corp, Nike, dan McDonald's Corp.

(Tin/Why)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat