uefau17.com

Catat, 5 Gadget Ini Dianggap Berbahaya untuk Anak-anak - Tekno

, Jakarta - Gadget selalu dirancang untuk memudahkan kehidupan manusia. Patut diakui, peran gadget sangat membantu kehidupan kita sehari-hari. 

Semakin derasnya arus informasi membuat banyak orang, termasuk kalangan keluarga, selalu mengikuti tren teknologi dengan membeli gadget terbaru.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis gadget yang tak aman untuk anak-anak?

Ya, ada lima (5) gadget yang dinilai berbahaya untuk anak-anak karena fungsinya bisa disalahgunakan dan bahkan membuat kencanduan.

Apa saja? Berikut daftarnya sebagaimana Tekno  kutip dari Brilio.net, Minggu (5/8/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Smartphone

Gadget ini memang sudah jelas bahayanya apabila tidak diperhatikan dengan baik penggunaannya.

Ancaman aplikasi pornografi, bahaya malware yang bisa menjangkit smartphone, sampai kecanduan anak akan sosial media.

Butuh pengawasan yang ketat jika kita mempunyai anak-anak yang terbiasa dengan gadget dari usia muda. Pasalnya, penggunaan gadget anak-anak secara berlebih, bisa berdampak buruk secara fisik maupun mental.

3 dari 6 halaman

2. Konsol Gim

Gadget yang satu ini memang sangat menyenangkan, baik yang portable seperti Nintendo Switch ataupun yang rumahan seperti PS4 dan Xbox One. Banyak sekali gim yang sangat seru untuk dimainkan.

Tetapi sebetulnya, setiap gim memiliki batasan umur. Jadi tak semua gim yang ada di konsol ramah anak dan bisa bebas dimainkan oleh semua umur, karena beberapa justru mengandung unsur kekerasan dan konten dewasa.

4 dari 6 halaman

3. Robot Seks

Berkat kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence), robot seks kini mampu berbicara dan berkomunikasi dengan orang-orang, tak terkecuali anak kecil.

Hal ini sangat disayangkan dan menjadi kontroversial, di mana banyak pihak yang menganggap kehadiran robot seks sangat berbahaya untuk tumbuh kembang anak.

5 dari 6 halaman

4. Pistol Mainan

Walaupun pistol mainan dianggap wajar untuk dimainkan, nyatanya banyak cerita yang menyebutkan bahwa banyak kecelakaan atau cidera akibat bermain pistol mainan.

Karena sang anak belum mengerti benar fungsi dan cara bermain gadget ini, jangan heran kalau mainan ini bisa berisiko bagi nyawa orang lain. Maka, penggunaannya pun harus diawasi dengan ketat.

6 dari 6 halaman

5. Hoverboard

Hoverboard memang keren dan kekinian. Banyak anak-anak yang menyukai gadget ini karena sangat modern dan menarik perhatian bila dimainkan.

Tetapi, banyak kasus Hoverboard sering membawa bencana untuk anak-anak. Butuh pengawasan ekstra agar hal-hal yang tidak diinginkan menimpa orang yang kita sayangi saat bermain Hoverboard.

Sumber: Brilio

Reporter: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat