uefau17.com

Semua Lumia Dipastikan Dapat Update Windows Phone 8.1 - Tekno

, San Fransisco Menyusul Microsoft yang merilis update sistem operasi Windows Phone 8.1, Nokia pun turut mengumumkan kehadiran tiga smartphone Lumia seri terbaru. Namun bukan hal itu saja yang dihadirkan oleh Nokia.

Diumumkan langsung oleh Executive Vice President Nokia Stephen Elop, produsen perangkat asal Finlandia itu memastikan bahwa semua seri smartphone Lumia yang menjalankan OS Windows Phone 8 akan mendapatkan update Windows Phone 8.1.

"Smartphone Lumia yang ada di dalam saku Anda sekarang akan jauh lebih baik dengan Windows Phone 8.1. Dengan itu, kami akan membawa Windows Phone 8.1 ke semua smartphone Lumia yang telah menjalankan Windows Phone 8," ungkap Elop seperti yang dilansir laman The Register.

Lebih lanjut melalui laman resminya Nokia menjelaskan, update Windows Phone 8.1 akan tersedia secara over-the-air (OTA) mulai pertengahan tahun ini. Rencananya, update sistem operasi ini akan menggunakan kode nama Lumia Cyan.

Tak hanya update sistem operasi Windows Phone 8.1, Nokia juga menghadirkan sejumlah fitur baru khusus smartphone Lumia. Beberapa fitur baru yang ditawarkan Nokia diantaranya adalah Roll Camera, Creative Studio, serta Nokia Storyteller.

Windows Phone 8.1 sendiri hadir dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antaranya adalah dukungan fitur USB On The Go (OTG) yang memungkinkan penggunanya untuk mencolokkan perangkat eksternal seperti flashdisk, ataupun keyboard melalui konektivitas USB yang tersedia.

Lalu ada fitur anyar bernama 'Action Center' yang serupa dengan fitur 'Notification Center' pada sistem operasi Android. Disertakan juga fitur 'WiFi Sense', dan yang paling menarik adalah ketersediaan fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara yang disebut 'Cortana'.

Teknologi asisten pribadi berbasis suara besutan Microsoft ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dari dua pesaingnya, Siri untuk iOS dan Google Now di perangkat Android. Cortana digadang-gadang sebagai teknologi yang memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang ditenagai mesin pencari Bing. Cortana juga diklaim mampu melakukan interaksi dan mempelajari penggunannya secara pribadi.

Fungsinya sendiri cukup beragam. Di samping membuat panggilan telepon dan menulis SMS, Cortana pun dapat diminta untuk melakukan beberapa hal lain seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, menunjukkan hasil pertandingan olahraga, hingga meluncurkan aplikasi yang hendak digunakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat