uefau17.com

Hingga 25 Juni, Debarkasi Surabaya Telah Pulangkan 3.333 Jemaah Haji ke Daerah Masing-Masing - Surabaya

, Surabaya - Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Abdul Haris menyatakan, sebanyak 3.333 jemaah haji Debarkasi Surabaya telah kembali pulang ke daerah masing-masing, hingga Senin (24/6/2024).

Dia kloter sembilan adalah para jemaah haji dari Kabupaten Lamongan. Diterangkannya, pada saat berangkat ke tanah suci total jumlah jemaah lengkap 371 orang, akan tetapi jelang pemulangan ke tanah air, ada seorang jemaah yang wafat pada Sabtu (22/6/2024), sehingga yang kembali pulang berjumlah 370 orang.

“Alhamdulillah, hari ini kloter 9 sudah tiba di asrama haji dan menjadi kloter yang terakhir datang untuk hari ini,” terang Haris, Rabu (26/6/2024).

Abdul Haris mengungkapkan, seorang jemaah haji yang wafat 4 jam sebelum kepulangan kloter 9 tersebut, diketahui karena ada gangguan pernapasan dan lemas.

“Semoga almarhum husnul khotimah. Kebetulan beliau berangkat bersama istrinya, semoga istri dan keluarga yang ditinggalkan, diberikan kesabaran, kekuatan, dan keikhlasan,” harap Haris.

Pada beberapa hari terakhir, Abdul Haris juga menerangkan, kondisi kesehatan almarhum memang menurun sehingga pada prosesi melontar jumrah dan thawaf ifadah juga harus dibadalkan.

Haris juga melaporkan, hingga Senin (24/6/2024), jemaah haji dari Debarkasi Surabaya yang wafat sejumlah 41 orang. Sedangkan untuk nasional, secara keselurahan ada 235 jemaah haji yang wafat.

Pada Selasa (25/6/2024), diketahui pula, ada empat kloter yang dijadwalkan mendarat di Bandara Juanda. Kloter 10 dari Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik akan mendarat pada pukul 08.00 WIB. Kloter 11 dari Kabupaten Tuban akan mendarat pada pukul 09.30 WIB.

Kloter 12 dari Kabupaten Tuban akan mendarat pada pukul 12.45 WIB serta kloter 13 yang juga dari Kabupaten Tuban akan tiba di Bandara Juanda pada pukul 14.25 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menag Apresiasi Arab Saudi Haji Berjalan Lancar

Menag Yaqut Cholil Qoumas menilai penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M berjalan dengan baik dan lancar. Menag memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sejumlah inovasi yang telah diinisiasi Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atas kepemimpinan beliau sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Saudi Arabia yang sangat kuat sehingga semua perjalanan rangkaian ibadah haji bisa berjalan dengan lancar,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin (24/6/2024).

“Atas nama Pemerintah Indonesia dan seluruh jemaah haji Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas seluruh pelayanan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia melalui Kementerian Haji dan Umrah kepada para jemaah haji, khususnya jemaah haji Indonesia,” lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat