uefau17.com

Momen Anies Baswedan Sungkem dan Minta Doa Ibunda Cak Imin Saat Safari Pesantren di Jombang - Surabaya

, Jakarta Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan melakukan safari politik ke sejumlah pesantren di Jombang, Jawa Timur.

Di Kota Santri tersebut, Anies bertemu dengan sejumlah tokoh NU yang menjadi panutan warga nahdliyin. Salah satunya adalah ke Nyai Muhassonah Hasbullah, ibunda dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang.

Anies didampingi istrinya, Fery Farhati sungkem dan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, yaitu hendak bersilaturahmi dan meminta doa.

Setelah berbincang santai, Muhassonah pun berdoa untuk Anies. Doa dipanjatkan dalam berbahasa Arab yang lumayan panjang.

Anies yang duduk di sebelah kanan Muhassonah pun menyimak dengan khidmat doa yang dilantunkan Ibunda Cak Imin tersebut. Anies dan istri mengucapkan kata amin di sela-sela doa yang dipanjatkan perempuan berusia 84 tahun tersebut.

"Kami Alhamdulillah bersyukur sekali bisa sampai di sini (Jombang)," kata Anies.

Sebelumnya, Anies juga berziarah ke empat makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Tebuireng.

Saat ke Tebuireng, Anies didampingi KH Nasirul Mahasin Nursalim yang juga kakak kandung Gus Baha. Nasirul berujar, kedatangan Anies ke Tebuireng merupakan agenda penting.

"Pak Anies datang ke sini tentu tidak hanya untuk bersilaturahmi, tapi juga menguatkan sanad keilmuan beliau sebagai tokoh yang pernah menimba ilmu pada guru yang belajar di Tebuireng," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Pulang ke Rumah

Anies mengaku  bersyukur bisa menyambung tali silaturahmi dengan keluarga besar Tebuireng. Bertemu dengan KH Kikin dan Nyai Lelly.

"Berkunjung ke Ponpes Tebuireng seperti pulang ke rumah. Menyambung kembali sanad. Sebab dulu pernah mondok di Pabelan kepada KH Hammam Jakfar, Magelang. Sementara KH Hammam Jakfar mengaji di Pesantren Tebuireng," jelas Anies.

"Terima kasih atas sambutan hangat dari dzuriyyah Tebuireng. Yaitu, KH Kikin Abdul Hakim dan Ibu Nyai Lelly Lailiyah Hakim selaku pengasuh Pesantren Tebuireng, serta para Majlis Keluarga Pesantren Tebuireng, Gus Fahmi Hadziq, Gus Riza, Gus Didik, dan Gus Mirza," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat