uefau17.com

Pesawat Emirates A380 Mendarat Perdana di Bali, Wayan Koster Beber Deretan Larangan dan Kewajiban Turis Asing - Surabaya

 

, Bali - Gubernur Bali Wayan Koster meminta turis asing yang menjadi penumpang Emirates A380 menghormati budaya masyarakatnya setempat dan menjaga citra pariwisata saat berada di Bali.​​​​​

"Saya yakin wisatawan mancanegara yang diangkut Emirat ini memiliki martabat dan menghormati nilai-nilai budaya dan adat istiadat Bali," ujarnya, saat penyambutan pendaratan perdana A380 Emirates Airlines di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis 1 Juni 2023.

Koster menyatakan, akhir-akhir ini kelakuan turis asing di Bali kurang baik dan tidak menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat, dan norma Bali khususnya dan Indonesia umumnya. hal tersebut tentunya sangat merugikan citra pariwisata Bali yang selama ini menjunjung tinggi norma, adat istiadat, serta budaya.

"Kami tentunya ke depan berharap kejadian seperti itu tidak terulang lagi," tegasnya.

Koster mengatakan dirinya sudah mengeluarkan surat edaran terbaru mengenai kewajiban dan larangan bagi wisatawan mancanegara dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2023.

Disebutkan turis asing wajib memuliakan kesucian pura maupun simbol-simbol keagamaan dan dengan sungguh menghormati adat istiadat, tradisi, seni, dan upacara keagamaan.

“Memakai busana yang sopan, wajar, dan pantas pada saat berkunjung melakukan aktivitas di Bali, baik kawasan tempat suci, daya tarik wisata, tempat umum, dan berkelakuan yang sopan di kawasan suci, kawasan wisata, restoran, tempat perbelanjaan, jalan raya, dan tempat umum lainnya,” kata dia.

Selanjutnya Koster mewajibkan wisatawan yang datang ke Bali didampingi oleh pemandu wisata yang berizin, di mana dia memahami daya tarik wisata, kondisi alam, adat istiadat, kearifan lokal yang ada.

Dalam surat edaran tersebut Koster menekankan agar wisatawan melakukan penukaran mata uang asing di penyelenggara kegiatan usaha penukaran valuta asing (KUPVA) dan melakukan pembayaran dengan menggunakan kode QR standar atau menggunakan mata uang rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendarat Perdana

Pesawat komersial terbesar saat ini A380 milik Emirat tepat pukul16.30 WITA mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dengan membawa penumpang 615 wisatawan dari berbagai negara.

"Penerbangan ini bersejarah karena baru pertama kali dan menandakan bahwa Bali khususnya dan Indonesia umumnya tetap menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk berlibur. Saya berharap maskapai lain juga mengangkut wisatawan dengan pesawat berbadan lebar," kata Gubernur Bali I Wayan Koster saat acara penyambutan pesawat A380 Emirat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Bali, Kamis.

Dikatakan, Pemerintah Daerah Bali berterima kasih kepada manajemen Emirat yang telah menggunakan pesawat berbadan lebar itu ke Bali untuk mengangkut penumpang dan sebagai maskapai berkelas internasional, Emirat selama ini memang sudah mengangkut wisatawan dari Dubai, Uni Emirat Arab, ke Bali.

Dengan adanya penerbangan ini, katanya, dirinya sangat optimistis bahwa kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali akan terus meningkat sekalipun masih dalam kondisi "setengah sembuh" akibat pandemi COVID-19 kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali tergerus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat