uefau17.com

APLog Tangani Bagasi dan Transportasi ke Bandara Jemaah Haji Jatim 2023 - Surabaya

, Jakarta - PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I dipercaya Kakanwil Kementrian Agama Jawa Timur dalam penanganan jemaah haji embarkasi dan debarkasi transportasi penumpang jemaah haji dan penanganan bagasi dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju Bandara Juanda begitupun sebaliknya.

APLog yang diwakili oleh Branch Manager Kantor Cabang Surabaya, Ndaru Cahyo Murniawan menyatakan, pihaknya menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan.

“Untuk keberangkatan kloter pertama, APLog menyediakan 25 unit bus untuk membawa para jemaah haji dan 2 unit truk jenis wing box untuk membawa bagasi para jemaah haji dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju Bandara Internasional Juanda,” ungkapnya, Sabtu 27 Mei 2023.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan, pihaknya sudah 100 persen menyambut calon jemaah haji dari berbagai daerah di Jawa Timur maupun Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali yang juga tergabung dalam Embarkasi Surabaya. Dia memastikan penyelenggaraan haji tahun ini ramah lansia sesuai dengan tema haji tahun ini yaitu “Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia”.

Pihaknya sudah menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan untuk kurang lebih 11.200 lansia yang akan masuk ke Embarkasi Surabaya. Saat di asrama haji para lansia akan ditempatkan dalam kamar yang dekat pelayanan penerimaan, kesehatan dan pemberangkatan.

Pelayanan dari dokter baik dari dokter umum hingga dokter kejiwaan juga telah disiapkan untuk mengantisipasi misalnya penyakit demensia (pikun). Jemaah lansia yang tidak ada pendamping saat berhaji tidak perlu khawatir karena telah disediakan pendamping khusus lansia. Baik pendamping di asrama haji, di pesawat hingga di tanah suci.

“Saat sampai di asrama, jemaah menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada PPIH. Kemudian pemeriksaan akhir kesehatan jemaah haji, lalu menyerahkan surat panggilan masuk asrama (SPMA) dan menunjukkan bukti lunas BPIH, hingga penempatan kamar dan penyerahan living cost saat hendak berangkat ke tanah suci,” ucap Abdul Haris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Program Pemerintah

Kegiatan ini adalah bentuk dukungan APLog dalam mendukung program pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H, karena ini menjadi momentum pasca dua tahun lebih penyelenggaraan ibadah haji dibatasi karena dunia dilanda pandemi Covid - 19.

Sebab, penyelenggaraan haji tahun ini adalah kali pertama kuota negara-negara pengirim jemaah haji kembali normal.

APLog tahun ini menangani keberangkatan 84 kloter jemaah haji wilayah Jawa Timur. Embarkasi keseluruhan berjumlah 36.982 orang. Pendampingan sudah disiapkan petugas profesional untuk menangani lansia dan penanganan barang bagasi jemaah haji dilakukan secara khusus. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat