uefau17.com

Cosmize Gandeng The F People Merangkul Para Fashion Designer Indonesia Untuk Menerbitkan Koleksi Digital - ShowBiz

, Jakarta Fashion memainkan peran besar dalam mengekspresikan gaya yang kemudian menjadi identitas diri. Dan kini saat kita semua banyak menghabiskan banyak waktu di ruang virtual, maka wajar saja jika menggunakan virtual fashion sebagai sarana untuk mengekspresikan diri di ruang virtual.  

Kebanyakan dari kita bahkan kini tidak memiliki foto fisik, bukan? Kita hanya memiliki koleksi foto digital. Di jaman serba digital, koleksi digital lebih disukai karena bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Kini selain gambar statis, semua bisa dibuat menjadi emersif dan serupa dengan gambar fisik kita, foto kita akan berganti menjadi avatar di ruang virtual. 

Metaverse sejatinya adalah teknologi yang mempertemukan seluruh komunitas dan membuat macam-macam kegiatan tanpa batasan geografis. Metaverse mempunyai potensi yang sangat besar untuk membantu percepatan kegiatan komunitas di seluruh dunia. 

Di tahun 2022 ini talenta-talenta dari berbagai Negara dengan pengalaman di dunia teknologi imersif dan 3D bersama dengan membuat suatu project metaverse global bertajuk COSMIZE yang dapat dinikmati lewat web browser. COSMIZE mempunyai visi untuk menjadi wadah kegiatan komunitas dan menghubungkan mereka dengan IP atau karya seni otentik yang dicatat dalam bentuk NFT.

Di awal kemunculannya, COSMIZE akan menargetkan lima komunitas yaitu  anime & manga, musik, film, fashion, dan olahraga. Setiap komunitas dapat membuat event, show, presentasi, membuat game sederhana, NFT, dan banyak utilitas lainnya. 

Untuk kategori fashion, COSMIZE menggandeng The F People sebuah media gaya hidup berbasis fashion yang erat dengan berbagai komunitas pemuja fashion dan kreatif, yang seringkali berkolaborasi dengan penggiat Fashion dan kreatif di Indonesia. Kolaborasi  ini bertujuan merangkul sebanyak-banyaknya komunitas fashion dan mempertemukan mereka dengan desainer-desainer. Para desainer akan dapat membuat beberapa desain untuk dipakai oleh avatar COSMIZE yang dibeli dalam bentuk NFT, selain itu kegunaan NFT juga akan punya dampak real-world bagi komunitas untuk dapat mengakses beberapa benefit yang diberikan oleh desainer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengedukasi

Dalam projek kolaborasi ini, Cosmize & The F People memiliki misi untuk mengedukasi dan memfasilitasi para penggiat fashion dan kreatif di Indonesia untuk menerbitkan koleksi digital dan mempersiapkan ekosistem menuju metaverse. Kini para designer tak hanya bisa menciptakan koleksi fisik, juga memulai untuk menciptakan koleksi digital yang nantinya bisa diaplikasikan di avatar dalam ekosistem metaverse.

Amot Syamsuri Muda adalah designer muda Indonesia pertama yang terpilih dalam pilot project ini, dengan koleksi “signature self love” untuk dijadikan koleksi NFT pertama Amot Syamsuri Muda.  Kali ini prosesnya dimulai secara terbalik, dari koleksi fisik sebanyak 6 pcs, ditransformasikan menjadi digital dimulai gambar pola dan pattern secara digital, lalu dikenakan oleh para model dalam bentuk avatar. Proses pembuatan avatar ini pun sama, model difoto dari segala sisi kemudian dijadikan versi avatar. 

Karakter fashion designer umumnya sangatlah visual dan dinamis, itulah sebabnya untuk mengedukasi mengenai NFT dan metaverse harus dengan cara yang penuh visual dan menarik, untuk itu COSMIZE bersama dengan The F People menggelar suatu event bertajuk “Future is Present” bertempat di Pastis Pool & Bar Jakarta  yang merupakan perayaan digital fashion yang  menampilkan virtual fashion show dilanjutkan dengan real fashion show dengan model dan koleksi yang sama, untuk memberikan gambaran, seperti inilah dunia metaverse. 

 

3 dari 4 halaman

Solusi

Adalah V2 Indonesia sebuah perusahaan yang berfokus pada solusi audio-visual berteknologi tinggi, yang merupakan anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS)  yang malam itu memberi dukungan agar virtual fashion show malam itu dapat digelar megah. V2  terus melakukan inovasi guna menjadi yang pertama dari sisi penggunaan teknologi terkini. Inovasi yang dilakukan belakangan ini adalah V2 Indonesia memperluas jangkauan bisnis dengan membuat dan menghadirkan core business baru yaitu Digital Industry yang berfokus pada teknologi terbaru yaitu XR (eXtended Reality), AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), MR (Mixed Reality), AI (Artificial Intelligence), Robotic, dan Metaverse. 

"Kami sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh The F People dan COSMIZE yang mengkolaborasikan fashion dan Metaverse serta NFT. Keputusan tersebut sangat menarik dan kreatif. Acara ini merupakan momentum untuk bisa memperkenalkan ke masyarakat bahwa teknologi Metaverse dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dunia fashion atau industri creative di Indonesia. Saya berhadap kedepannya teknologi Metaverse akan semakin berkembang dan merambah ke industri lainnya. Kami senang dapat berkolaborasi dengan designer, content creator, dan creative people. Sukses untuk The F People!” ungkap Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia.

Yang istimewa karya ini  diperkenalkan kepada publik dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) , ada 6 neon runway NFT collection yang diluncurkan pada malam ini, setiap NFT tersebut memiliki benefit yang sangat menarik yaitu mendapatkan koleksi baju sesuai size sang kolektor dengan fasilitas laundry premium sebanyak 2 kali dari 5asec, , sketsa asli yang ditandatangani oleh Amot Syamsuri Muda. 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Terlibat

Kolektor juga akan mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam campaign koleksi Amot Syamsuri Muda, dan mendapatkan sesi fashion discussion with Amot Syamsuri Muda, tak hanya itu  sang kolektor akan mendapatkan avatar versi dirinya untuk bisa menggunakan koleksi digital neon runway NFT collection ini. Koleksi NFT Amot Syamsuri Muda yang pertama ini ditawarkan mulai harga Rp. 1.000.000,- calon kolektor harus mengisi form untuk menyatakan ketertarikannya, dan kami akan mengumumkan siapa saja yang beruntung menjadi kolektor pertama ini.

Untuk mekanisme transaksi kami bekerjasama dengan Sermepheous sebuah platform NFT yang percaya bahwa setiap orang harus memiliki akses termudah, tercepat , dan termurah ke mint dan NFT itu sendiri yang memiliki fitur-fitur yang telah disederhanakan sehingga lebih mudah untuk bertransaksi sekalipun belum memiliki dompet crypto. Di Sermepheous anda bisa bertransaksi menggunakan mata uang rupiah, e-wallet bahkan kartu kredit.

"Kami ingin menjadi katalis bagi insan fashion dan kreatif di Indonesia yang mendukung mereka untuk menciptakan koleksi digital, mengedukasi, memfasilitasi, sehingga para designer dan insan kreatif Indonesia bisa berfokus pada karya kreatifnya, kami yakin kontribusi ini akan sangat berarti bagi percepatan digital industry fashion dan kreatif di Indonesia, dan kami bangga menjadi salah satu barisan terdepan yang mengiring teman-teman designer dan insan kreatif Indonesia,” Ujar Rachel Octavia, CEO dari The F People.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat