uefau17.com

Jimin BTS Ultah, Army Indonesia Tanam Ribuan Pohon Bakau di Demak Jawa Tengah - ShowBiz

, Jakarta Sekitar seminggu lagi, Jimin BTS bakal merayakan pertambahan usia menjadi 25 tahun secara internasional. Army, alias para penggemar BTS, tentu tak ingin melewatkan momen spesial yang jatuh pada 13 Oktober 2020.

Army Indonesia, punya kado spesial untuk Jimin BTS. Tak dikirim ke Korea, hadiah ini justru berada di Pesisir Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Jangan heran. Ini adalah donasi dari para penggemar, berbentuk penanaman pohon bakau untuk merayakan ultah Jimin BTS. Penggalangan dananya dilakukan melalui platform Yayasan Lindungi Hutan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sosok Menginspirasi

Kampanye donasi ini dilakukan oleh Asabell Audida (@asabelliaa), seorang penulis dan penggemar BTS.

"Park Jimin merupakan salah satu member BTS yang begitu banyak memberikan inspirasi pada penggemarnya, terlebih dalam hal kepedulian. Jimin merupakan salah satu member yang punya tingkat kesadaran tinggi untuk peduli dengan sekitar, hal itu juga menjadi salah satu faktor yang menginspirasi saya untuk melakukan kegiatan ini," begitu keterangan yang ditulis dalam deskripsi kampanye ini.

3 dari 5 halaman

Jauh Melebihi Target Awal

Desa Bedono di Demak, dipilih sebagai lokasi penanaman karena kondisi lingkungannya sangat parah.

"Abrasi yang terjadi selama 20 tahun terakhir telah menenggelamkan dua dusun di Desa Bedono. Akibat abrasi yang sangat parah, lebih dari 250 keluarga dipindahkan dari desa tersebut. Saat ini hanya tinggal satu keluarga yang mendiami Desa Bedono, yaitu Mak Jah dan keluarga."

Donasi setara 5 ribu rupiah, digunakan untuk menanam sebatang pohon bakau. Hebatnya, kampanye ini berhasil mengumpulkan dana untuk penanaman 8.735 pohon, jauh melebihi target awal yang sebesar seribu saja.

Donasi ini dikumpulkan sejak 25 September hingga 3 Oktober lalu.

4 dari 5 halaman

Ramai-Ramai Tanam Bakau

Penanaman pohon telah dilaksanakan pada Minggu (4/10/2020).

Dalam keterangan di situsnya, penanaman ini dibantu oleh sang penghuni desa, Mak Jah, juga peserta gabungan yang berjumlah 37 orang dari berbagai komunitas di antaranya adalah relawan Lindungi Hutan Demak.

 

5 dari 5 halaman

Tak Asing

Sebenarnya, berdonasi untuk merayakan ultah idola, bukanlah tradisi asing bagi penggemar K-Pop, termasuk yang berada di Indonesia. Mendekati tanggal ultah idola atau momen spesial lain, biasanya para penggemar mengumumkan hal ini via media sosial.

Dalam situs LindungiHutan, misalnya, saat ini ada sejumlah penggalangan dana serupa yang berkaitan dengan idola K-Pop. Beberapa di antaranya dalam rangka menyambut Key SHINee yang pulang wamil, merayakan debut Golden Child, dan ultah Winwin WayV.

Merayakan hari istimewa idola sekaligus beramal? Siapa takut!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat