uefau17.com

Startup Fashion Shein Dikabarkan Bakal IPO di Amerika Serikat - Saham

, Jakarta - Startup penjual fashion yang didirikan di China, Shein, bekerja sama dengan setidaknya tiga bank investasi tentang potensi penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di Amerika Serikat (AS), dan telah melakukan pembicaraan dengan New York Stock Exchange dan Nasdaq.

Melansir Channel News Asia, Rabu (5/7/2023), Goldman Sachs, Morgan Stanley dan JPMorgan Chase adalah beberapa bank yang membantu Shein dalam persiapan IPO.

Meski demikian, waktu IPO masih belum pasti dan peritel fashion, yang berada di bawah pengawasan anggota parlemen AS atas praktik perburuhannya, mungkin memutuskan untuk tidak melanjutkan dalam waktu dekat.

Baru-baru ini bernilai lebih dari USD 60 miliar, Shein bisa menjadi perusahaan China paling bernilai yang go public di Amerika Serikat sejak debut raksasa ride-hailing Didi Global pada 2021 dengan valuasi USD 68 miliar.

Didi dikeluarkan dari Bursa Efek New York (NYSE) Amerika Serikat setahun kemudian di tengah tindakan keras Beijing terhadap raksasa teknologi China atas aturan antimonopoli dan keamanan data.

Shein belum memutuskan tempat untuk IPO-nya, dan Nasdaq serta NYSE keduanya telah menghubungi perusahaan untuk mencoba meyakinkannya untuk memilih bursa mereka sendiri.

Pejabat Shein di Singapura, tempat perusahaan itu berkantor pusat, menolak mengomentari rencana IPO atau diskusi dengan bank investasi dan bursa. Goldman Sachs, Morgan Stanley, Nasdaq dan NYSE menolak berkomentar, sementara JPMorgan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajukan Pendaftaran ke Bursa Saham AS

Pekan lalu, Reuters melaporkan Shein telah mengajukan pendaftaran IPO secara rahasia ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Setelah cerita itu diterbitkan, Shein mengatakan menyangkal rumor tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Tiga orang yang mengetahui masalah tersebut kemudian mengatakan kepada Reuters bahwa pengajuan IPO belum diserahkan ke SEC.

Shein sedang mengerjakan draf pengajuan IPO, kata dua sumber. Shein, yang diluncurkan di China pada 2012, telah mengincar IPO AS setidaknya selama tiga tahun, meskipun terhalang oleh hambatan yang mencakup ketegangan antara Beijing dan Washington, pengawasan AS terhadap praktik akuntansi China, dan serangan volatilitas pasar yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan perang Rusia di Ukraina.

Namun, IPO Shein ditentang oleh kelompok bipartisan yang terdiri dari dua lusin perwakilan AS yang menyerukan audit independen untuk memverifikasi bahwa perusahaan tersebut tidak menggunakan kerja paksa Uyghur, sebelum diizinkan untuk mencatatkan saham.

 

 

3 dari 3 halaman

Valuasi Shein

Shein mengatakan pihaknya mematuhi standar sumber etis dan membantah tuduhan bahwa kapal itu dikirim dari wilayah Xinjiang China, di mana bahan seperti kapas sering kali merupakan produk kerja paksa oleh Uyghur, etnis minoritas yang sebagian besar Muslim. Amerika Serikat melarang ekspor dari Xinjiang karena alasan ini.

Anggota parlemen AS juga berusaha untuk membatasi pembebasan tarif "de minimis" yang banyak digunakan oleh pengecer e-commerce seperti Shein untuk mengirim pesanan dari China ke Amerika Serikat.

Shein dihargai lebih dari USD 60 miliar dalam putaran penggalangan dana pribadi senilai USD 2 miliar pada Maret. General Atlantic, Mubadala, Tiger Global dan Sequoia Capital China termasuk di antara para investornya.

Pendiri perusahaan, Chris Xu, memindahkan kantor pusat Shein ke Singapura dari Nanjing, ibu kota provinsi Jiangsu timur China, lebih dari setahun yang lalu, sebuah perubahan yang membantu Shein menghindari peraturan baru China yang keras tentang listing di luar negeri.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat