uefau17.com

Trivia Saham: Ketahui 1 Lot Berapa Lembar Saham dan Tujuannya - Saham

, Jakarta - Investor pasar modal terus bertambah. Jumlah investor pasar modal mencapai 8,1 juta SID hingga Februari 2022. Investor pasar modal itu naik 8,2 persen dari posisi akhir Desember 2021 sebanyak 7,5 juta SID.

Dari jumlah investor itu, investor saham tercatat 3,65 juta SID hingga Februari 2022 atau tumbuh 5,87 persen ketimbang akhir 2021. Bicara soal saham, bagi Anda investor pemula mungkin ada istilah pasar modal yang masih asing terdengar termasuk apa itu lot saham.

Mengutip laman yuknabungsaham.idx.co.id, Minggu (6/3/2022), saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan.

Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia (BEI) disebut perusahaan tercatat. Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang.

Sebelumnya 1 lot saham setara dengan 500 lembar saham. Kemudian ada aturan baru apda 6 Januari 20214 mengubah 1 lot menjadi 100 lembar saham. Meski demikian, harga saham per lot berbeda-beda.

Adapun penentuan 1 lot saham berapa lembar oleh BEI memiliki sejumlah tujuan. Mengutip laman ocbcnisp.com, berikut sejumlah tujuan penetapan lot tersebut:

1.Menjaga nominal ideal transaksi saham

BEI menentukan satu lot saham berapa lembar untuk menjaga nominal ideal transaksi antara emiten, underwriter, dan investor.

2.Mempercepat perusahaan dalam menerima permodalan

Tujuan berikutnya penentuan standar lot saham untuk melindungi perusahaan dari investor yang kurang serius. Tujuan perusahaan menerapkan emisi saham untuk mendapatkan bantuan permodalan dalam jumlah besar. Jika tidak ada penentuan harga saham per lot, proses penjualan saham perusahaan akan memakan waktu lebih lama.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permudah Perhitungan Profit Investasi

3.Permudah perhitungan profit investasi

Penetapan standar 1 lot saham berapa lembar oleh BEI akan membantu pelaku pasar modal menghitung profit investasi baik dari segi dividen dan yieldnya.

4.Menarik minat investasi masyarakat

Tujuan terakhir penetapan 1 lot saham untuk menarik lebih banyak masyarakat untuk investasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat