uefau17.com

Mengunjungi Indahnya Pulau Kembar di Perairan Makassar dengan Perahu - Regional

, Makassar - Terdapat pulau kembar yang memesona di perairan Makassar, yaitu Pulau Barang Lompo dan Pulau Barang Caddi. Dua pulau ini menjadi tujuan wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke salah satu dermaga di Makassar.

Mengutip dari indonesiakaya.com, di Makassar memang terdapat dermaga yang melayani para wisatawan yang ingin berkeliling menyambangi pulau-pulau indah. Dermaga tersebut letaknya tak jauh dari Pantai Losari.

Setiap harinya, dermaga ini selalu diramaikan lalu lintas dari dan ke pulau-pulau yang ada di sekitarnya, baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal yang membawa barang dagangannya. Tarif sewanya pun bervariasi, bergantung pada jarak pulau yang ingin dituju.

Wisatawan tempat wisata Makassar juga bisa menyewa perahu secara ekslusif selama satu hari penuh. Tentunya, biaya sewanya akan lebih mahal dari tarif biasa.

Pulau Barang Lompo dan Pulau Barang Caddi yang disebut kembar ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Makassar. Untuk sampai ke pulau ini dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan mengendarai perahu motor.

Selama perjalanan menuju pulau kembar ini, wisatawan akan menjumpai berbagai pulau lain, seperti Pulau Khayangan dan Pulau Samalona. Wisatawan juga akan melihat sekelompok anak yang bermain di telaga.

Mereka akan menyelam ke dalam laut saat ada wisatawan yang melemparkan koin. Anak-anak tersebut akan berlomba mengumpulkan koin-koin yang dilempar wisatawan.

Adapun dari Pulau Barang Lompo ke Pulau Barang Caddi membutuhkan sekitar 10 menit perjalanan menggunakan perahu motor. Pulau Barang Lompo dihuni sekitar 4.000-an jiwa yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Pulau yang luasnya sekitar 1 kilometer persegi ini memiliki akses jalan yang cukup baik. Pulau ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas umum, seperti Puskesmas, sekolah, dan pos yang menyediakan air bersih untuk disalurkan ke rumah-rumah warga.

Sementara itu, saat berada di Pulau Barang Caddi, wisatawan akan disambut oleh kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar. Pulau yang luasnya sekitar 0,27 kilometer persegi ini dihuni oleh sekitar 1.000 jiwa.

Selain berprofesi sebagai nelayan, penduduk pulau ini juga berprofesi sebagai pembuat kapal. Tak heran, jika wisatawan akan menjumpai tumpukan fibreglass yang dijadikan bahan pembuat perahu saat berada di pulau ini.

Pulau Barang Caddi juga memiliki akses jalan yang cukup baik. Fasilitas umum pun telah dimiliki pulau ini, mulai dari Posyandu, tempat ibadah, dan sekolah. Pulau kembar, Pulau Barang Lompo dan Pulau Barang Caddi, yang berada di perairan Makassar ini akan menjadi destinasi pilihan yang menarik untuk mengisi akhir pekan.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat