uefau17.com

Prestasi Moncer Kades Namang, Boyong 4 Penghargaan di Ajang PJA 2024 - Regional

, Jakarta - Prestasi gemilang ditunjukan Zaiwan, seorang Kepala Desa (Kades) Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Ia berhasil meraih 4 penghargaan dalam ajang Paralegal Justice Awards (PJA) 2024 yang diadakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Keempat penghargaan tersebut meliputi Non Litigation Peacemaker (NLP), Anubhawa Sasana Jagaddhita, PJA 2024 dan Peringkat 1 Peserta Favorit Publik dari Region 3. Selain berhasil menjadi juru damai di desanya, Zaiwan juga kerap berperan aktif dalam mendukung kemajuan sektor pariwisata.

“Untuk penghargaan Peserta Favorit Publik karena dukungan dari masyarakat, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka Tengah, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia dan Kantor Wilayah Kemenkumham Babel," ujar Zaiwan, Kamis (6/6/2024).

Di bawah kepemimpinan Zaiwan, Desa Namang memiliki segudang prestasi. Pada tahun 2010, ia berhasil memperoleh penghargaan Wana Lestari dari Menteri Kehutanan.

Kemudian di tahun 2017, dirinya juga mendapatkan penghargaan Parama Karya dari Menteri Tenaga Kerja. Bahkan ia dinobatkan sebagai Kades Terbaik Kabupaten Bangka pada 2012 silam.

Tak sampai di sana, beberapa penghargaan lain juga ia raih antara lain Adhikaya Pangan Nusantara kategori Pelaku Pembangunan Ketahan Pangan pada 2013. Kemudian di tahun yang sama ia juga dinobatkan sebagai Tokoh Lingkungan Hidup Babel.

Beranjak ke tahun 2016, Zaiwan menjadi Tokoh Inspiratif Provinsi Babel pada momentum Hari Pers Nasional. Ia juga memperoleh penghargaan Anugerah Taman Kehati Palawan Kategori Pengelola Taman Kehati Terbaik 2017.

Pengharaan Anubhawa Sasana Desa dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia juga diraihnya pada 2018. Lencana Desa Mandiri dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di 2022 juga menjadi kado spesial baginya.

Zaiwan juga menyabet penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI pada tahun 2023. Masih di tahun yang sama, Penghargaan Desa AVN atau Asean Village Network dari Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi juga diboyongnya.

"Semoga penghargaan yang didapat menjadi penyemangat untuk memberikan yang terbaik bagi semua," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto ikut bangga dan mengapresiasi prestasi Zaiwan. Apalagi, ia telah mengharumkan nama daerahnya di beberapa ajang bergengsi.

Harun juga berharap tahun depan makin banyak kades dan lurah dari Babel yang masuk nominasi PJA 2025. Maka dari itu ia menekankan perlunya dukungan semua pihak untuk terus dapat bersinergi.

"Kami sangat bangga dengan Zaiwan, semoga hal baik ini menjadi inspirasi bagi yang lainnya," Harun mengakhiri.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat