uefau17.com

Menyusuri Waikuri Lagoon, Wisata Alam Indah di Sumba - Regional

, Bandung - Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan banyak wisata alam memesona. Misalnya saja wisata di daerah Sumba yang dikenal memiliki alam indah memesona.

Sumba terkenal dengan objek wisata alam yang memanjakan mata dan belum ramai dikunjungi oleh orang sehingga masih asri. Di Sumba sendiri terdapat wisata danau cantik yang menakjubkan.

Danau tersebut salah satunya adalah Waikiri Lagoon atau Danau Weekuri yang terkenal masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain pemandangannya danau ini memiliki air yang jernih dan tenang.

Warnanya kerap terlihat biru kehijauan dan berpadu cantik dengan pasir putih di sekitarnya. Waikari Lagoon juga dikelilingi pepohonan hijau yang mendukung keindahan alamnya.

Mengutip dari situs UC Waikiri Lagoon berlokasi di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Diketahui air dalam danau ini termasuk dalam jenis air asin dan payau.

Kemudian, danau ini terbilang unik karena air danaunya terbentuk dari air lautan lepas yang ada di sekitar danau. Pasalnya air tersebut masuk dari celah bebatuan di gugus karang sekitarnya.

Sumber mata airnya juga ada yang menciptakan gradasi variatif seperti warna biru muda dan biru kehijauan atau biru tua. Bahkan airnya ada yang terasa hangat atau dingin.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah daya tarik yang harus diketahui dari Waikuri Lagoon.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi dan Rute Menuju Waikuri Lagoon

Seperti disebutkan sebelumnya Waikiri Lagoon berlokasi di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Tempatnya bisa dikunjungi dari Tambolaka ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya.

Perjalanan bisa diakses menggunakan kendaraan motor atau menyewa motor atau mobil yang menyediakan supir. Kendaraan tersebut bisa membantu para pengunjung mengantar hingga ke pos penjaga.

Melalui pos penjaga para wisatawan bisa melakukan kegiatan berjalan kaki sekitar 20 meter menuju Waikuri Lagoon. Diketahui terdapat jalan setapak dan anak tangga untuk membantu pengunjung.

Meskipun harus berjalan kaki terlebih dahulu para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan alamnya yang indah. Terutama untuk menikmati pesona danaunya dari ketinggian.

3 dari 3 halaman

Daya Tarik Waikuri Lagoon

Wisatawan yang berkunjung ke Waikuri Lagoon tentu akan terpesona dengan keindahan alamnya terutama warna airnya yang sangat jernih. Kemudian danau ini mempunyai air danau yang asin berasal dari lautan lepas di sekitarnya.

Danaunya juga memiliki beberapa sumber mata air yang menciptakan gradasi variatif di sekitarnya. Bahkan bisas terlihat pada dasar danaunya terdapat pasir putih yang bersih.

Waikuri Lagoon juga termasuk dalam danau yang mempunyai tingkat kedalaman tidak terlalu dalam. Kedalamannya sekitar setengah meter hingga 4 meter sehingga cocok untuk pengunjung yang masih takut akan kedalaman air.

Di sekitar danaunya para pengunjung juga bisa melihat batu karang alami cantik dan pepohonan yang rindang berpadu satu dengan suasana sekitarnya. Tentunya hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto mengabadikan momen di tempat tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat