uefau17.com

Tak Melulu Makanan, Berikut 5 Benda Khas Minangkabau yang Bisa Dijadikan Buah Tangan - Regional

, Padang - Setelah melancong di Minangkabau, Anda mungkin akan membawa oleh-oleh untuk keluarga maupun untuk teman-teman. Jika biasanya Anda kerap membawa buah tangan makanan, maka tak ada salahnya sesekali mencoba membeli suvenir.

Tidak hanya dijadikan buah tangan, Anda juga dapat mengoleksinya. Berikut ini, beberapa oleh-oleh khas Minangkabau selain makanan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Saluang

Oleh-oleh khas Sumatera Barat selain makanan yang pertama adalah saluang. Saluang adalah alat musik berbentuk seruling yang berasal dari suku Minangkabau.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Saluang khas Sumbar memiliki ukiran khas yang terdapat di sekelilingnya.

2. Serunai

Buah tangan khas Minangkabau selain makanan selanjutnya adalah serunai. Oleh-oleh khas Minangkabau ini merupakan alat musik tiup sama dengan suling. Bedanya, serunai termasuk ke dalam jenis klarinet.

Serunai biasanya dipakai saat acara-acara adat suku Minangkabau atau saat pencak silat minang berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Songket

Songket tidak hanya dari Palembang, tetapi bisa juga ditemui di Sumbar. Ciri khas songket ini terlihat dari benang perak dan emas yang sering digunakan.

Songket ini memiliki beragam motif tergantung daerah pembuatnya. Beberapa daerah pembuatnya yaitu Pandai Sikek, Minangkabau, dan Silungkang.

4. Kain Sulam Karancang

Kain sulam karancang memiliki motif yang cantik dengan ciri-ciri yang khas yaitu pada bagian ujungnya dibuat berlubang.

Kain sulam karancang juga menggunakan benang yang berkualitas sehingga kualitas dari hasil akhir kain ini tidak perlu diragukan lagi.

5. Ukiran Perak

Ukiran perak merupakan kerajinan tangan berupa ukiran. Biasanya ukiran ini dibuat menjadi bentuk miniatur rumah adat Padang. Jika ingin membeli sesuai keinginan, Anda bisa memesan bentuk yang sesuai dengan selera kepada perajin ukiran tersebut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat