uefau17.com

Viral Keliling Kampung Bersihkan Masjid, Cecep Diapresiasi Pj Wali Kota Sukabumi hingga Ditawari Kerja di Dinsos - Regional

, Sukabumi - Perjalanan Cecep Abdullah (26) pemuda asal Sukabumi yang jadi sorotan setelah aksinya berkunjung dari masjid ke masjid untuk membersihkan WC, tempat wudhu hingga tempat sholat, menyita perhatian semua pihak.

Pemuda bersihkan masjid ini viral di berbagai platform media sosial, Cecep masih terus rutin membersihkan WC masjid. Aksi mulia yang dilakoninya akhirnya mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Sukabumi. Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji didampingi Dinas Sosial menyambangi kediaman Cecep di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

"Saya juga merasa bangga sebagai pemerintah di kota Sukabumi mempunyai warga yang sangat luar biasa intinya juga kita dari pemerintah harus berperan," kata Kusmana, Sabtu (18/5/2024).

Kusmana berharap, aksi positif tersebut dapat menjadi contoh positif bagi warga lainnya supaya bisa mengikuti jejak kebaikan yang telah dilakukan oleh pemuda 26 tahun tersebut

"Kami juga ingin lebih meningkatkan kemampuan dan kapasitas beliau untuk mengajak orang lain agar apa yang dikerjakan juga bisa menular hal-hal positif yang seperti itu harus juga dilakukan oleh beberapa orang lain," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ditemui Cecep tidak menjelaskan secara detail ingin diberikan bantuan apa oleh pemerintah daerah. Bahkan Cecep juga tidak meminta bantuan perbaikan rumah. Hal itu menurutnya menunjukkan ketulusan Cecep dalam mengerjakan kebaikan.

"Ditanya tentang apa sih yang dibutuhkan ternyata dia tidak tahu apa yang dibutuhkan sebetulnya dan yang penting dia bisa memberikan jadi tidak harus tangan di bawah tapi beliau tangannya di atas itu yang membuat kami pemerintah sangat terenyuh gitu dan ingin memberikan sesuatu yang memang bisa meningkatkan kapasitas usahanya," imbuhnya.

Pihak pemerintah kemudian memutuskan untuk membantu Cecep dalam pemberian modal usaha untuk mengembangkan pekerjaannya saat ini wirausaha berjualan di bidang kuliner yakni tahu gejrot dan cilok.

"Dia ingin apa apa yang dihasilkannya memang dari hasil keringat sendiri. Nah kita mencoba meningkatkan bisnisnya. Nanti kalau sudah bisnisnya maju labanya lebih, kan dia juga bisa membangun secara mandiri ada kepuasan tersendiri barangkali kalau dia hasil sendiri," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditawari Pekerjaan Content Creator di Dinas Sosial

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Fajar Rajasa menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan sosial berupa modal usaha kepada Cecep. Dinsos juga akan menindaklanjuti pemberian bantuan kepada ayah dari dua anak itu. 

Dia mengatakan, Cecep juga sudah terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang menerima bantuan berupa sembako. 

"Berdasarkan pengalaman pengalaman kita sudah beberapa kali memfasilitasi bantuan usaha cuma sifatnya dia berupa peralatan dan perlengkapan setelah diadakan wawancara dan home visit terkait dengan pengembang bisnis yang dilakukan," ucapnya.

Pihaknya juga menawarkan kesempatan kepada Cecep sebagai content creator di Dinas Sosial Kota Sukabumi karena tertarik dengan konten membersihkan WC masjid yang viral di media sosial.

"Karena saya lihat kontennya bagus, bisa saya tarik. Barusan saya tawarkan cuma mau istikharah dulu jangan sampai nanti saya nanti di dinsos tapi saya nanti ga bisa bersih-bersih masjid seperti itu," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Ungkapan Cecep

Cecep mengaku bersyukur telah mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Ke depannya, dia akan terus mengabdikan diri untuk membersihkan WC masjid di berbagai daerah dan bertekad mewujudkan cita-citanya menjadi pengusaha.

"Jadi tadi sempat Pak Pj memberi kata-kata dan memberi ucapan bantuan kepada Cecep yaitu berupa modal untuk pengembangan usaha, supaya nanti kedepannya Cecep jadi pengusaha yang besar," ucapnya.

"Iya, usaha tahu gejrot dan cilok Cecep besarkan juga dan usaha yang lainnya Insyaallah akan cecep kerjakan. Yang lain rencana mau membuat bisnis online juga, Insyaallah di bidang pembersih lantai," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya mengaku saat ini belum memutuskan menerima tawaran untuk menjadi content creator di Dinas Sosial Kota Sukabumi. 

"Jadi tadi ditawarin kerja di Dinsos, jawaban Cecep terimakasih sama ketua dinsos istikhoroh dulu, sebagai content creator-nya Dinsos," tutupnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat