uefau17.com

432 Calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Berangkat ke Tanah Suci, Usia Paling Tua 88 Tahun - Regional

, Sukabumi - Sebanyak 432 calon jemaah haji tahun 1445 hijriyah asal Kabupaten Sukabumi, resmi diberangkatkan ke tanah suci pada Minggu (12/5/2024) dini hari, oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman di Pusbangdai, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Sukabumi, H. Abdul Manan mengatakan, bahwa jumlah total jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 1445 hijriah ini, berjumlah 1.704 orang.

“Ribuan calon jamaah haji tahun ini, akan kita berangkatkan dengan dibagi dalam empat kloter jemaah. Nah, untuk kloter pertama saat ini yang kita berangkatkan, yakni Kloter 03 dengan jumlah 432 orang,” kata H. Abdul Manan.

Abdul menjelaskan, dari ratusan jamaah calon haji pada Kloter 3 ini, terdiri dari 206 orang jamaah laki-laki dan 226 diantaranya jamaah perempuan.

“Mereka juga didampingi 8 orang petugas pendamping. Sehingga, jumlah keseluruhan kloter 3 ini berjumlah sekitar 440 orang. Dari ratusan jamaah itu, untuk usia termuda ada jamaah atas nama Alfi Nurhasanah berusia 20 tahun dan tertua bernama Zama bin Solih berusia 88 tahun,” jelasnya.

Ratusan Calhaj dalam Kloter 03 ini, dilepas oleh Sekda Kabupaten Sukabumi untuk melanjutkan perjalannya menuju Asrama Haji Bekasi. Mereka yang berangkat ini masuk dalam gelombang satu. Dimana, nanti dari Bandara Soekarno Hatta akan menuju ke kota suci Madinah menuju Mekah dan kembali ke tanah air. 

“Kloter ini juga terdiri dari KBI HU Al Hikmah, KBI HU Al Madinah, KBI HU Al Hidayah, kemudian ketua kloter atau TPHI adalah Pak H. Dian Nurdiana yang dibantu oleh TPII, yaitu Pak H. Asep Salahudin,” terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berangkat Menuju Madinah pada Senin

Lebih lanjut, saat ini calon jemaah haji masih berada di Asrama Embarkasi dan rencananya pada Senin (13/5) pagi atau sekira pukul 06.00 WIB, akan diberangkatkan menuju Bandara, kemudian pukul 10.00 WIB akan take off menuju Madinah. 

“Kita doakan, mudah-mudahan calon jemaah haji semuanya sehat Wal Afiat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menambahkan, dia mewakili Bupati Sukabumi, melepas calon jamaah haji ini diharapkan agar seluruh calon jemaah haji diberikan kelancaran, dan kesuksesan dalam melaksanakan rukun Islam yang ke 5 serta dianugerahi haji yang mabrur.

"Pada saat menunaikan Ibadah haji, hendaknya semua jemaah mampu menjauhi tindakan tidak terpuji dan tidak melakukan kegiatan yang dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi. Serta tidak pula mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk itu semua jemaah hendaknya konsentrasi dalam beribadah sebagai tujuan utama kedatangannya di tanah suci mekah. Selain itu calon jemaah haji, disarankan agar selalu menjaga kekompakan dan saling membantu antar jemaah, dan menjaga kesehatan. Sebab cuaca di tanah suci jauh berbeda dengan di Indonesia.

Selain itu, disampaikan juga harapan agar setiap jemaah menyelipkan doa dan harapan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan tersebut Sekda menyerahkan bendera dan diterima oleh Ketua Rombongan Kloter 3. 

“Iya, kami berharap mereka dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Sehingga, mereka menjadi haji yang mabrur,” tutupnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat