uefau17.com

Melegenda Sejak 1938, Kedai Susu Moeria Kudus Jadi Pilihan Tongkrongan - Regional

, Kudus - Kabupaten Kudus dikenal kaya akan destinasi wisata dan sajian kuliner yang patut untuk dicoba, saat mengunjungi kota paling terkecil di Jawa Tengah ini. Salah satunya, Kedai Susu Moeria yang bisa menjadi pilihan untuk sekadar singgah.

Di Kedai Susu Moeria, pengunjung bisa menikmati susu sapi segar yang diolah dengan berbagai varian rasa, sehingga tidak menimbulkan rasa bosan untuk minum susu. Rasa yang ditawarkan bukan hanya rasa original saja, ada juga stroberi, cokelat, vanilla, dan rasa lainnya.

Pihak pengelola kedai menata bangunan kuno dengan dekorasi menarik sedemikian rupa untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai tersebut.

Nama “Susu Moeria” di Kudus sudah ada sejak masa kolonial dan mulai beroperasi pada tahun 1938. Kedai untuk menikmati susu sapi berbagai varian ini selalu ramai pembeli, baik keluarga, anak-anak, maupun remaja.

Berbeda dari kedai susu umumnya, kedai susu yang berlokasi di Jalan Pemuda Kudus atau berjarak 100 meter dari timur Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus ini, juga dilengkapi dengan mini farm sebagai wisata edukasi bagi anak-anak.

Mini farm di Kedai Susu Moeria yang melegenda sejak 86 tahun silam ini berisi beragam hewan, seperti sapi, ayam, kelinci, burung dan sapi perah.

Pengunjung pun bisa melihat langsung koleksi hewan yang berada di Mini Farm Susu Moeria. Tak hanya itu, pengunjung bisa ikut memeras susu sapi, serta melihat langsung proses pengolahan susu.

"Biasanya saat momen libur sekolah dan akhir pekan jumlah pengunjung mengalami peningkatan dibanding hari biasanya. Pengunjung di kedai kami tak hanya dari Kudus saja, namun dari berbagai daerah di Indonesia," ujar Felicia Nathali Yuwono kepada tim , Senin (12/2/2024).

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Handayani mengaku sedang menikmati liburan di Kota Kudus bersama keluarganya. Ia pun tak melewatkan kesempatan bersama suami dan empat anaknya untuk mengunjungi dan bersantai di Kedai Susu Sapi Moeria Kudus.

Menurut Handayani, wisata kuliner dan edukasi yang berada di Jalan Pemuda Desa Panjunan, Kecamatan Kota Kudus itu sangat bagus bagi anak-anak karena dapat memberikan edukasi kepada mereka. Selain itu, juga dapat menikmati kuliner di Susu Moeria yang paling banyak dicari wisatawan.

"Saya ini datang pertama kali di sini. Pertama ke sini lumayan lah bagus. Selain minum susu, mini farm ini bisa menjadi edukasi bagi anak anak untuk mengenal hewan dan melihat proses pengolahan susu sapi," ujarnya.

Handayani mengaku tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati sajian di Kedai Susu Sapi Moeria. Dengan uang antara 10 ribu hingga 20 ribu saja, dia sudah bisa merasakan kenikmatan susu sapi asli yang diperas langsung dari kandangnya.

"Untuk harga tiket masuk mini farm hanya 13 ribu rupiah saja per orang. Selain mini farm, juga disediakan playground untuk anak-anak dan orang tua pun bisa menikmati susu segar sembari melihat anak-anak kami bermain," dia menandaskan.

Penulis: Arief Pramono

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat