uefau17.com

Simak, Langkah Pembuatan Unggah Karya dalam PMM - Regional

, Bandung - Platform Merdeka Mengajar atau PMM merupakan alat atau fasilitas untuk guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan. Selain itu para pendidik juga membuat dan mengunggah karya dalam PMM.

Membuat dan mengunggah karya tersebut adalah salah satu kontribusi dalam pengembangan pendidikan. Melansir dari situs resmi Kemendikbudristek karya tersebut bisa dalam bentuk video ataupun dokumen (PDF).

Selain itu karya yang diunggah oleh guru bisa berupa jenis karya yang sesuai dengan tema atau fokus gerakan Merdeka Belajar. Misalnya kategori bahan ajar, praktik pembelajaran, praktik baik, dan lain-lain.

Untuk karya berupa video pembelajaran bisa dibuat dengan memenuhi ketentuan yang berlaku sesuai dengan bukti karyanya. Tentunya video harus direkam dengan baik serta jelas agar pesan dapat dipahami dengan baik.

Selain itu karya berupa video bisa diunggah melalui kanal YouTube yang telah terhubung dengan Platform Merdeka Belajar (PMM). Sementara itu untuk karya berupa dokumen harus berupa format PDF.

Sebagai informasi Bukti Karya sendiri merupakan tempat mendokumentasikan karya guru serta kepala sekolah. Karya ini dibuat untuk menggambarkan kinerja serta prestasi yang telah dicapai selama menjalankan profesi tersebut.

Diketahui bukti karya menjadi platform dalam menyimpan serta mengelola rekam jejak ketika melakukan tugas utama. Kemudian bisa berbagi karya dengan rekan sesama untuk saling belajar dan menginspirasi.

Bukti Karya juga dapat memberi serta menerima umpan balik agar rekan sejawat bisa saling belajar praktik baik dan bertukar ide. Serta menemukan berbagai karya dari rekan pendidik lain dari pendidik seluruh Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan dan Unggah Karya PMM

Simak berikut adalah langkah pembuatan dan unggah karya di PMM baik untuk karya video dan dokumen:

Langkah Karya Video

1. Menentukan kategori karya

Sebelum membuat video pastikan Anda telah memilih kategori karya yang ingin dibuat. Diketahui dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) terdapat beberapa kategori yang tersedia seperti berikut:

  • Bahan Ajar: yaitu materi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru lain.
  • Praktik Pembelajaran: yaitu rekaman praktik pembelajaran di kelas.
  • Praktik Baik: yaitu membagikan praktik terbaik yang telah Anda terapkan.
  • Kepemimpinan Sekolah: yaitu berbagi pengalaman kepemimpinan di Sekolah.

2. Merekam video pembelajaran

Ketika merekam video pembelajaran pastikan telah memenuhi ketentuan yang berlaku sesuai dengan bukti karya. Jika sudah benar maka rekam dengan baik dan jelas agar pesan dalam video tersebut bisa tersampaikan dengan baik oleh rekan-rekan sejawat lainnya.

3. Mengunggah video pembelajaran

Setelah video telah berhasil dibuat maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunggah video pembelajaran. Video bisa diunggah melalui kanal YouTube Anda karena saat ini Anda hanya bisa mengimpor atau menyimpan karya video ke Bukti Karya melalui YouTube.

4. Menghubungkan akun YouTube ke PMM

Ketika hendak mengimpor atau menyimpan karya ke Bukti karya maka pastikan akun YouTube Anda telah terhubung ke PMM.

5. Simpan video ke Bukti Karya

Jika video berhasil diunggah dengan kanal YouTube Anda yang telah terhubung dengan PMM. Maka Anda bisa menyimpan video karya tersebut ke Bukti Karya di PMM dan perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa mengimpor lebih dari satu video sekaligus.

3 dari 3 halaman

Langkah Karya Dokumen (PDF)

1. Menentukan kategori karya

Sama seperti membuat karya video ketika membuat karya dokumen juga perlu memilih kategori karya yang sesuai. Mulai dari Bahan Ajar, Praktik Pembelajaran, RPP atau Modul Ajar, Praktik Baik, dan lain-lain.

2. Buat karya dalam bentuk dokumen tertulis

Anda bisa membuat karya tersebut dalam bentuk dokumen tertulis yang bisa dibuat melalui aplikasi seperti Google Workspace di antaranya Google Docs, Google Slides, dll. Atau melalui aplikasi lainnya seperti Word, Pages, dan lain-lain.

3. Karya dokumen berupa PDF

Jika karya sudah berhasil ditulis maka sebelum Anda mengunggahnya ke Bukti Karya Anda harus memastikan bahwa dokumen tersebut mempunyai format PDF. Jika belum berformat PDF maka Anda bisa mengubahnya terlebih dahulu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat