uefau17.com

Gunung Lewotobi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 700 Meter - Regional

, Jakarta - Gunung Lewotobi Laki-laki kembali erupsi dengan tinggi kolom abu 700 meter di atas puncak atau 2.284 meter di atas permukaan laut (MDPL), Minggu 21 Januari 2024.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-Laki, Bobby Son Lamanepa, mengatakan kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal itu terekam seismogram pada pukul 12.49 WITA.

"Kolom abu intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi ± 36 detik," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu 21 Januari 2024.

Hingga saat ini, Gunung Lewotobi Laki-laki masih berstatus level IV (awas) atau belum ada penurunan.

Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius 5 kilometer dari pusat gunung api serta sektoral 6 kilometer ke arah utara dan timur laut.

"Tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ujar Bobby.

Bobby menambahkan, jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan selalu menggunakan masker pelindung hidung, mulut, dan kaca mata.

Selain itu, selalu waspada banjir lahar dingin dari kali yang berhulu ke puncak gunung saat intentistas hujan sedang hinga lebat dan dengan durasi yang lama.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat