uefau17.com

Haechan NCT Hiatus Akibat Radang Amandel, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya - Regional

, Yogyakarta - Haechan NCT bakal hiatus sementara dari aktivitas grup karena mengalami tonsilitis atau radang amandel. Hal ini diumumkan langsung oleh agensi SM Entertainment.

"Ketika di Jepang, Haechan langsung kembali ke Korea pada 8 Januari dan ke rumah sakit imbas gejala flu dan demam tinggi," tulis SM Entertainment.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, idol Kpop ini mengalami tonsillitis atau radang amandel parah. Dokter pun menyarankan agar Haechan banyak beristirahat untuk pemulihan.

Mengutip dari berbagai sumber, radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi ketika amandel (tonsil) mengalami peradangan. Meski paling sering menyerang anak-anak, kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa dan lansia.

Peradangan ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Jika tidak tertangani, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Umumnya, radang amandel terjadi karena virus atau infeksi bakteri. Beberapa virus yang menyebabkan radang amandel adalah rubella (virus penyebab campak), adenovirus (virus penyebab diare), enterovirus (virus penyebab penyakit mulut, kaki, dan tangan), influenza (virus penyebab flu), dan rhinovirus (virus penyebab pilek).

Pengidap masalah kesehatan ini biasanya akan mengalami beberapa gejala amandel, seperti kemerahan dan bengkak pada amandel, muncul bercak putih pada amandel, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, hingga pembengkakan kelenjar pada leher. Gejala ini biasanya juga diikuti dengan demam ringan, suara serak, napas tidak sedap, dan sakit kepala.

Pada anak-anak, biasanya dibarengi dengan gejala lain, seperti penurunan nafsu makan dan menjadi lebih rewel. Meski gejalanya mirip, radang amandel berbeda dengan radang tenggorokan.

Sementara itu, pengobatan radang amandel bisa ditangani dengan obat-obatan. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik.

Dalam beberapa kasus, radang amandel juga dibutuhkan penanganan operasi. Biasanya, operasi dilakukan jika pengidap radang amandel merasakan gejala-gejala berat, seperti sulit tidur, sulit bernapas, sulit makan, mengidap radang amandel bakteri yang tak bisa tertangani oleh antibiotik, dan sering kambuh.

Durasi batasan pada kambuh tersebut adalah lebih dari tujuh kali dalam setahun, lebih dari lima kali setahun dalam dua tahun terakhir, serta lebih dari tiga kali setahun dalam tiga tahun terakhir.

Selain tindakan medis, radang amandel juga bisa dirawat sendiri untuk mengurangi gejala, seperti istirahat yang cukup, konsumsi air putih, menggunakan pelembap udara, konsumsi makanan bertekstur lembut, serta menghindari asap rokok, debu, dan polusi udara.

Terkait radang amandel yang dialami Haechan, belum ada informasi mengenai kehadirannya dalam NCT 127 3rd Tour The Unity Neo City: Jakarta. Konser tersebut dijadwalkan berlangsung pada 13-14 Januari di Indonesia Arena Senayan.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat