uefau17.com

155 Pasang Peserta Nikah Massal di Banjarmasin Diarak Pakai Becak - Regional

, Banjarmasin - Selasa, 5 Desember 2023 menjadi hari yang sakral bagi 155 pasangan warga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mereka melangkahkan kaki ke Siring Balai Kota Banjarmasin guna mengikuti Pernikahan Massal.

Beberapa pasang di antaranya mengenakan pakaian pernikahan khas adat Banjar, sedangkan lainnya mengenakan pakaian biasa, tetapi selaras antara suami dan istri.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi bersama Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina serta stakeholder lain menjadi saksi sejarah pernikahan massal 155 pasang di Siring Pemko Banjarmasin. Tidak hanya bersaksi, peserta nikah juga mendapatkan sejumlah bingkisan hingga tiket menginap di hotel, gratis.

Hajatan nikah massal seperti ini merupakan kali pertama diselenggarakan. Sempat tertunda hingga beberapa kali demi menyukseskan kegiatan sosial ini untuk membantu masyarakat yang kurang mampu serta terkendala pada hukum pernikahan.

Bertemakan "Presisi Baiman Adalah Kita", acara ini dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, ini menjadi momen bersejarah bagi banyak pasangan di wilayah Banjarmasin yang telah lama menantikan kesempatan untuk mengikat janji suci mereka.

"Hari ini adalah hari yang istimewa bagi banyak pasangan di sini, kami berharap bahwa langkah ini akan membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi mereka semua," ujarnya.

Rangkaian kegiatan nikah massal diawali dengan Tilawah Al Qur’an yang dilanjutkan khutbah nikah, kemudian dilaksanakan proses nikah massal. Kapolda Kalsel didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel dan Kota Banjarmasin menyerahkan buku nikah dan voucher menginap kepada perwakilan dari 155 pasangan.

Peserta yang mengikuti nikah massal terdiri dari 52 pasangan nikah di KUA Kota Banjarmasin dan 103 pasangan nikah Sidang Isbat yang ditutup dengan pelepasan pawai peserta nikah massal menggunakan becak.

Tidak hanya sekadar merayakan pernikahan, acara ini juga menjadi momentum bagi Kapolda Kalsel untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan bakti sosial lainnya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian dan Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Dewy Andi Rian juga memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, termasuk pemberian paket sembako, kursi roda, tongkat bantu jalan, kartu BPJS serta layanan kesehatan gratis, serta bantuan lainnya.

Ratusan warga Banjarmasin hadir untuk menyaksikan acara ini, memberikan dukungan, dan semangat bagi pasangan yang melangkah ke dalam ikatan suci pernikahan.

"Ini bukan hanya tentang pernikahan, tetapi juga tentang solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Kami berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat," tambah Kapolda Kalsel.

Acara nikah massal dan bakti sosial yang diprakarsai oleh Polresta Banjarmasin dan Forkopimda ini menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan betapa pentingnya kebersamaan dalam menjalin ikatan yang suci sambil juga peduli terhadap kesejahteraan sosial.

"Semoga langkah-langkah ini menjadi pijakan awal bagi kehidupan yang lebih baik bagi banyak pasangan serta memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat Banjarmasin,” harap orang nomor satu di institusi kepolisian Kalsel ini.

Tidak hanya nikah massal dan bakti sosial, pada kesempatan yang sama juga digelar pasar murah dan UMKM yang dibuka langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian sebagai upaya konkret Polri dalam mendukung pengembangan dan pertumbuhan UMKM. Tentunya mendorong perekonomian guna memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia khususnya di Kalsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat