uefau17.com

Eduard Tjong Prediksi Pemain Timnas U-17 Arkhan Kaka Bakal Miliki Karier Moncer - Regional

, Solo - Mantan pemain sekaligus pelatih Tim Nasional (Timnas) Eduard Tjong yang juga legenda Arseto Solo itu bicara tentang dampak Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Untuk diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dan Timnas Indonesia kali pertama mengikuti ajang sepak bola di tingkat dunia tersebut.

Menurut Eduard Tjong banyak hal yang didapatkan khususnya pemain dan pelatih SSB (Sekolah Sepak Bola) di Indonesia, pertandingan demi pertandingan bisa langsung ditonton dengan jarak dekat dan mengambil ilmu dan evaluasi dari pertandingan yang sudah mereka tonton selama perhelatan Piala Dunia U-17 digelar.

"Anak-anak SBB yang bisa dilihat adalah cara bermain di pildun dan mental bertanding anak-anak Timnas U-17 itu yang paling penting. Bisa diliat mental pemain main dan bisa fight, skill yang mayoritas masih muda, rata-rata individunya kuat seperti Perancis, Mali itu mereka individunya kuat. Anak-anak SSB di sini bisa belajar dari mereka dengan melihat pertandingan jarak dekat," kata dia di ruang media information Piala Dunia U-17, Senin (13/11/2023).

Hal itu juga berlaku untuk tim pelatih di Indonesia yang bisa mengambil pelajaran dari adanya ajang internasional tersebut. kata dia, pelatih SSB tidak perlu malu untuk mencontoh para pelatih timnas peserta piala dunia sebagai salah satu upaya memajukan sepak bola Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momentum Menimba Ilmu Pelatih Lokal

"Untuk pelatih SSB kita liat saja pergantian pemain dan pola bermain mereka. Kita tak perlu malu mencotoh mereka, tapi kita pelajari pakai cara kita sendiri, jadi banyak yang kita dapat dari piala dunia kali ini. Dari bola, cara service corner, taktikal, dan lainnya. Ini momentum untuk pelatih lokal," ungkap dia.

Sementara itu, Eduard Tjong dalam laga perdana Timnas U-17 Indonesia melawan Timnas U-17 Equador, ia melihat beberapa pemain yang berpotensi moncer lantaran aksi bermainnya yang enak dilihat, salah satunya adalah Arkhan Kaka. Penyerang Persis Solo itu diprediksi menjadi pemain yang kariernya akan moncer jika terus konsisten permainannya.

"Saya lihat di laga perdana kemarin ada Arkhan Kaka, kapten Timnas U-17, pemain Persis nomor 8 itu juga bagus. Nanti kita lihat di laga kedua jika mereka konsisten mainnya, saya yakin ke depan moncer pemainan dan kariernya," pungkas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat