uefau17.com

Festival Dahau 2023 Jadi Momentum Dukungan Kutai Barat untuk IKN - Regional

, Kutai Barat - Ada yang menarik pada Festival Dahau tahun ini. Kabupaten Kutai Barat kedatangan tamu kehormatan yaitu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jumat (3/11/2023).

Di hadapan Presiden Jokowi, masyarakat Kutai Barat deklarasi mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Diwakili oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan, masyarakat Kutai Barat siap mengawal pembangunan IKN sampai selesai. Tidak hanya itu, mereka juga bersyukur karena IKN pindah ke Kaltim.

“Kami segenap masyarakat Kutai Barat bersyukur dan mendukung sepenuhnya atas dibangunnya Ibukota Nusantara Republik Indonesia di Kalimantan Timur,” kata Yapan disambut tepukan riuh masyarakat Kutai Barat.

Menurutnya, sebagai Kabupaten penyangga IKN, Kutai Barat sangat berpotensi unggul di sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan dalam ketersediaan pangan.

Dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia, Kutai Barat dapat diandalkan dari beragam sektor termasuk sektor pariwisata.

“Baragam suku, agama dan ras ada di Kutai Barat. Semuanya hidup selaras dan berdampingan. Hal itu menjadi daya tarik wisata yang menguntungkan. SDA Kutai Barat juga melimpah, kita siap membangun IKN,” paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IKN Berimbas ke Kutai Barat

Pembangunan IKN di Kalimantan Timur, lanjut dia, akan memberi banyak manfaat bagi Kabupaten Kutai Barat. Terutama pada sisi pembangunan infrastruktur yang akan menghubungkan Kutai Barat dengan IKN.

“Kutai Barat akan menerima dampak pembangunan yang selama ini kita nanti-nantikan, terutama infrastruktur. Dari sini menuju titik 0 atau IKN kurang lebih 215 km, jika itu jalan tol maka bisa ditempuh 2 jam,” imbuhnya.

Untuk itu, di hadapan Presiden Jokowi, Yapan memastikan Masyarakat Kutai Barat konsisten mendukung IKN. Serangkaian Festival Dahau Hari Ulang Tahun Kutai Barat Ke-24, menjadi momentum untuk memberi motivasi dan inovasi bagi Pemerintah dan Masyarakat dalam menyambut hadirnya IKN di tahun 2024 mendatang.

Dalam Kunjungan tersebut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat