uefau17.com

Sekaten 2023 di Yogyakarta, Berikut Rangkaian Acaranya - Regional

, Yogyakarta - Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan melaksanakan tradisi sekaten. Hajad Dalem Sekaten ini akan dimulai pada 21 September 2023 atau 5 Mulud Jimawal 1957.

Rangkaian pelaksanaan sekaten akan berlangsung selama satu minggu, yakni 21 hingga 28 September 2023 atau 12 Mulud Jimawal 1957 (12 Rabiulawal 1445 H).

Sementara itu, berbagai rangkaian agenda telah dipersiapkan untuk melaksanakan tradisi tahunan ini. Pelaksanaan sekaten diawali dengan dikeluarkannya sepasang Gamelan Sekati, Kanjeng Kiai (KK) Gunturmadu dan KK Nagawilaga dari dalam keraton. Kedua gamelan ini diletakkan di Pagongan Masjid Gedhe dan akan ditabuh selama kurun waktu tersebut.

Selanjutnya, Hajad Dalem Sekaten Jimawal 1957 akan dilanjutnya dengan berbagai agenda. Berikut rangkaian Hajad Dalem Sekaten Jimawal 1957:

1. Miyos Gangsa

Pada 21 September 2023 akan digelar miyos gangsa pada pukul 19.00 WIB. Agenda ini diawali dengan pembagian udhik-udhik oleh Putra Dalem. Agenda ini digelar di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti (Pelataran Kamandungan Lor/Keben)

2. Gladi Resik Prajurit Jelang Garebeg Mulud

Selanjutnya, pada 24 September 2023 akan berlangsung Gladi Resik Prajurit Jelang Garebeg MuludKagungan Dalem Pelataran Kamandungan Kidul-Pagelaran. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 06.30 WIB.

3. Hajad Dalem Numplak Wajik

Agenda dilanjutkan pada 25 September 2023 pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Agenda tersebut adalah Hajad Dalem Numplak Wajik di Panti Pareden, Kompleks Magangan, Keraton Yogyakarta.

4. Kondur Gangsa

Kemudian, pada 27 September 2023 akan digelar kondur gangsa mulai pukul 18.30 WIB. Kegiatan ini digelar di Kagungan Dalem Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta, Keraton Yogyakarta.

Kondur gangsa diawali dengan pembagian udhik-udhik oleh Ngarsa Dalem. Selain itu juga akan ada pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hajad Dalem Garebeg Mulud

5. Hajad Dalem Garebeg Mulud

Memasuki 28 September 2023 bakal digelar agenda Hajad Dalem Garebeg Mulud. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini digelar di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran-Kagungan Dalem Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta.

6. Bedhol Songsong

Masih pada hari yang sama, agenda selanjutnya adalah bedhol songsong. Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini akan menyuguhkan bedhol songsong pementasan wayang kulit dengan lakon Mahabarata Lampahan Pandawa Mahabhiseka.

Dalam pementasan itu, M Riyp Cermokondhowijoyo akan menjadi dalang. Kegiatan ini digelar di Kagungan Dalem Tratag Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Sementara itu, seluruh rangkaian agenda Hajad Dalem Sekaten bersifat terbuka dan dapat disaksikan melalui Instagram live @kratonjogja. Adapun untuk agenda bedhol songsong akan disiarkan secara live streaming melalui channel Youtube Kraton Jogja.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat