uefau17.com

5 Warung Sego Cawuk Banyuwangi yang Legendaris dan Wajib Dikunjungi - Regional

, Banyuwangi - Saat berkunjung ke Banyuwangi, salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah sego cawuk. Kuliner legendaris ini masih tetap eksis dan tak tergerus oleh kehadiran kuliner-kuliner yang lebih modern.

Tak heran, banyak warung kuliner Banyuwangi yang menjajakan sajian gurih dan manis ini. Umumnya, sego cawuk dinikmati sebagai menu sarapan.

Dahulu, nama nasi cawuk terbentuk dari cara makannya, yaitu dimakan langsung dengan tangan. Oleh masyarakat Jawa, cara makan itu disebut dengan cawuk.

Bagi kamu yang ingin menikmati sajian legendaris khas Banyuwangi ini, berikut rekomendasi warung sego cawuk Banyuwangi yang legendaris dan bisa dijadikan pilihan:

1. Nasi Sego Cawuk Bu Mantih

Nasi Sego Cawuk Bu Mantih berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Pancoran Kulon, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Warung legendaris ini telah eksis sejak 1972 sampai sekarang.

Karena merupakan salah satu warung sego cawuk legendaris, tentu tak perlu diragukan lagi soal cita rasanya. Pengunjung bisa menikmati sego cawuk dengan aneka lauk lainnya, seperti dendeng, kikil, telur asin, peyek kacang, kerupuk kulit, dan lainnya.

2. Sego Cawuk Ibu Sri

Sego Cawuk Bu Sri berlokasi di Jalan Kyai Saleh No.14, Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi. Meski tempatnya cukup tersembunyi, tetapi warung ini tak pernah sepi antrean.

Bahkan, antrean pembeli mulai memadati warung ini sejak pukul 05.30 WIB. Warung ini menyajikan sego cawuk lauk komplet dengan tarif yang relatif terjangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warung Bu Har Gapangan

3. Warung Bu Har Gapangan

Warung Bu Har Gapangan berlokasi di Jalan Anusapati No.35, Kabupaten Banyuwangi. Dalam seporsi nasi cawuk sudah terdapat telur cit, tahu bali, gecok teri, semanggi, dan sambal serai.

Tak hanya menjual sego cawuk, warung ini juga menyediakan sajian khas Banyuwangi lainnya, seperti rujak soto, pecel pitik, nasi tempong, dan masih banyak lagi.

4. Warung Sego Cawuk Bu Aini

Warung Sego Cawuk Bu Aini Kepatihan berlokasi di Jalan RA Kartini, Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi. Warung legendaris ini sudah ada sejak 1990.

Selain terkenal dengan sego cawuk, warung ini juga populer karena sambal belimbing wuluhnya. Selain itu, ada juga menu nasi kuah pindang dan kuah trancam.

5. Warung Sego Cawuk Mifta

Warung Sego Cawuk Mifta berlokasi di Dulur Isun Kedai Selatan A12a, Dilangkahi, Jalan Kepiting, Tukangkayu, Kabupaten Banyuwangi. Dalam satu porsi, pengunjung bisa menikmati sego cawuk dengan aneka lauk, seperti tahu pedas, telur pindang, dan gecok teri.

Selain itu, ada juga aneka lauk lainnya, seperti ayam goreng, perkedel, dadar jagung, dan pepes ikan tuna. Pengunjung juga bisa menambah cita rasa pedas pada sego cawuk dengan menambahkan sambal serai dan sambal kemiri.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat