uefau17.com

Tak Perlu Keluar Uang Banyak untuk Liburan, Berikut 5 Cara Terbaik Self Healing - Regional

, Padang - Self Healing adalah kata yang sering terdengar di kalangan anak muda zaman sekarang yang sering dikaitkan dengan kesehatan mental seseorang. Self healing bisa dimaknai sebagai sebuah proses penyembuhan luka batin yang bisa menganggu emosi seseorang.

Memang tidak bisa dipungkiri, setiap orang tentunya pernah memiliki luka, salah satunya adalah luka batin. Lamanya luka batin ini mengendap di dalam diri seseorang memiliki waktu yang berbeda-beda.

Luka batin dalam diri seseorang ini bisa dipicu berbagai faktor seperti, belum siapnya berpisah dengan orang yang mereka cintai, kegagalan yang bertubi-tubi dalam mencapai sesuatu yang diinginkan, hingga trauma masa lalu yang memilukan.

Kendati demikian, luka batin ini bisa Anda atasi dan sembuhkan secara perlahan. Berikut Liputan.com rangkum cara terbaik untuk melakukan self healing dari berbagai sumber.

1. Me Time

Me time adalah cara pertama yang tepat untuk menyembuhkan self healing, yang artinya memberikan waktu untuk diri sendiri. Me time ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berkunjung ke alam atau tempat-tempat indah hingga melakukan hobi yang yang kamu sukai.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa memikirkan orang lain akan membuat diri kamu lebih nyaman dan rileks dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, yang pastinya juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Me time ini mengajarkan kepada kita untuk menimbulkan keyakinan bahwa diri sendiri adalah pusat segala kehidupan sementara orang lain sebagai pelengkap saja.

2. Berdamai dengan Keadaan

Kalimat berdamai dengan keadaan ini memang tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh proses dan waktu. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba langkah yang kedua ini untuk menyembuhkan luka batin.

Kamu berhak untuk tidak menerima realita yang terjadi, tetapi cobalah secara perlahan untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan mulai mengatakan kepada diri sendiri bahwa apa yang terjadi adalah pembelajaran dalam menjalankan kehidupan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melakukan Kegiatan Positif

Kamu bisa melakukan kegiatan positif ini dengan mengisi hari-hari mulai dari bekerja, membaca buku, menulis, hingga berkebun. Karena jauh dari hal-hal yang negatif dan melakukan kegitan positif juga menjadi salah satu self healing yang wajib kamu coba.

4. Berolahraga Secara Teratur

Cara mengobati self healing selanjunya adalag berolahraga secara teratur, coba mulai dengan menghilangkan rasa malas dalam diri kamu karena langkah yang satu ini bisa menjadi cara alternatif sembub dari luka batin.

Kamu bisa mencoba dengan mulai berolahraga lari-lari kecil atau juga berspeda dikomplek rumah pada pagi hari ataupun sore hari. Dengan berolahraga ini pikiran dan hati akan terasa jauh lebih tenang sehingga bisa menyembuhkan kamu dari luka batin secara perlahan.

5. Hiduplah pada Masa Kini

Tidak bisa dipungkiri, luka batin sering terjadi ketika dalam seseorang muncul penyesalan terhadap yang terjadi pada masa lalu sehingga memicu rasa sedih bahkan kecewa yang berlebihan.

Untuk kamu yang mengalami luka batin, coba perlahan membuka diri dan hiduplah di masa kini karena waktu sedetikpun tidak pernah bisa kembali diulang. Jadi, jadikanlah masa lalu sebagai pembelajaran dalam diri kamu.

Itulah lima cara mengobati luka batin yang bisa kamu atasi dan sembuhkan secara perlahan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat