uefau17.com

Jokowi Sebut Dampak El Nino Belum Terlihat di Indonesia, Termasuk Sumut - Regional

, Medan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sampai saat ini dampak El Nino belum terlihat di Indonesia, termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan Jokowi kepada wartawan saat berkunjung ke Pasar Sukaramai, Kota Medan. Walau begitu, dia meminta pemerintah serta masyarakat tetap mengantisipasi pemanasan suhu bumi tersebut.

"Sampai detik ini (dampak el nino) belum (terasa). Tetapi, semuanya harus kita antisipasi. Sehingga, impor untuk tahun ini kita perbesar karena untuk cadangan strategis, agar gejolak harga tidak terjadi secara drastis," kata Jokowi, Sabtu (19/8/2023).

Saat berkunjung ke Pasar Sukaramai, Jokowi mengakui harga-harga bahan pangan di pasar ini sangat murah. Dia mencontohkan harga bawang merah yang hanya Rp 24.000 per Kilogram (Kg) dan telur Rp 22.000 hingga 27.000 per Kg.

"Saya hanya ingin melihat kondisi harga-harga, saya lihat harganya sangat baik, seperti bawang merah sangat murah, hanya Rp 24.000, kemudian telur sekilo kira-kira Rp 22.000 sampai Rp Rp 27.000. Sangat murah sekali," sebut Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharapkan Terus Terkendali

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, yang turut mendampingi Presiden Jokowi berharap harga bahan pangan di Sumut terus terkendali. Apalagi peningkatan suhu global sedang terjadi saat ini, sehingga sektor pangan perlu diperkuat.

"Pak Presiden sudah meninjau, dan harga-harga bahan pangan di sini seperti bawang, telur, daging itu cukup terjangkau. Ini harus kita pertahankan, karena saat ini suhu sedang panas karena El Nino," kata Edy Rahmayadi.

Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memperkuat sektor pertanian cukup memberikan dampak signifikan dalam mempertahankan pasokan dan kestabilan harga pangan. Karena itu, Edy Rahmayadi akan terus memperkuat sektor pertanian Sumut.

"Sejak awal kita fokus di sektor pertanian. Ini juga membuat kita bisa melewati Covid-19 dengan baik, karena kebutuhan pangan tidak bisa ditunda, apalagi kita banyak punya wilayah yang tanahnya cocok untuk pertanian," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Sumut Spesial

Untuk diketahui, Sumut salah satu daerah yang cukup sering dikunjungi Presiden Jokowi. Terakhir saat membuka Hari Pers Nasional (HPN) Februari 2023. Bahkan, sembari bersepeda, Jokowi juga sempat memantau pembangunan Kota Medan.

"Kita beruntung, Sumut sering dikunjungi Pak Presiden. Provinsi kita cukup spesial," kata Edy Rahmayadi saat menyambut Presiden Jokowi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sabtu (19/8/2023).

Jadwal Jokowi cukup padat pada kunjungan kerja kali ini. Dari bandara, Jokowi dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Deli Serdang. Di sana, Kepala Negara menghadiri sekaligus meresmikan Pembukaan Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)Tahun 2023.

4 dari 4 halaman

Tinjau Harga Pangan

Kemudian, Jokowi menuju Pasar Sukaramai, Kota Medan, untuk meninjau harga dan pasokan sejumlah komoditas pangan. Selain itu, Presiden juga akan membagikan bantuan sosial kepada para pedagang yang ada di pasar tersebut.

Sore harinya, Jokowi diagendakan menghadiri Pengukuhan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Tahun 2023. Acara tersebut digelar di Lapangan Banteng, Kota Medan.

"Cukup padat jadwal beliau pada kunjungan kerja kali ini, kita harap semua berjalan dengan lancar," kata Edy Rahmayadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat