uefau17.com

Davina Anis Raisha dan Nabil Arya Barata Lubis Wakil Sumut di Paskibraka Nasional 2023 - Regional

, Medan Davina Anis Raisha dan Nabil Arya Barata Lubis terpilih mewakili Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Nasional 2023.

Informasi dihimpun , Selasa (15/8/2023), Davina merupakan siswi dari SMA Shafiyyatul Amaliyyah, Kota Medan. Sedangkan Nabil dari SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Davina dan nabil terpilih menjadi Paskibraka pada upacara Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 di Istana Negara, Jakarta.

Pengumuman kelolosan diumumkan Badan Kesbangpol Sumut saat Giat Seleksi Capaskibraka Provinsi Sumut pada 4 Mei 2023 di Emerald Garden Hotel, Medan.

Calon peserta Paskibraka tingkat Provinsi Sumut berjumlah 72 siswa. Rinciannya, 37 putra dan 35 putri.

Dari 72 siswa, hanya 2 siswa dinyatakan lulus Utama tingkat Nasional mewakili Sumut, Davina Anis Raisha, putri asal Kota Medan, dan Nabil Arya Barata Lubis, putra asal Kabupaten Mandailing Natal.

Putra-putri Sumut yang terpilih ini mengikuti pemusatan latihan di Jakarta pertengahan Juli 2023 selama 1 bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seleksi Ketat

Untuk diketahui, proses seleksi yang dilalui para peserta sulit dan ketat, mulai dari sekolah kabupaten/kota hingga provinsi. Ada banyak pihak yang ikut serta dalam seleksi agar bisa menghasilkan yang terbaik untuk perwakilan Sumut.

Saat proses seleksi, Kesbangpol turut melibatkan unsur TNI dan Polri. Lalu, turut melibatkan unsur purna Paskibraka, psikolog, BPIP, dan kesehatan.

Davina mengaku sangat senang dan bangga terpilih menjadi Paskibraka Nasional 2023. Pertama-tama, dirinya mengucap syukur kepada Allah SWT, dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru, serta sekolah Shafiyyatul Amaliyyah.

"Terima kasih sekali kepada Bapak Wali Kota Medan, Dinas Pemuda Olahraga Kota Medan, dan PPI Kota Medan," ucap Davina Anis Raisha, yang saat ini duduk di kelas 10 SMA Shafiyyatul Amaliyyah, Medan.

3 dari 4 halaman

Bersyukur Diberi Kesempatan

Kepala SMA Shafiyyatul Amaliyyah, Dahliana, serta Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA, Bagoes Maulana, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah karena memberikan kesempatan kepada siswa mereka untuk kedua kali dapat mengibarkan merah putih di Istana Negara.

"Ya, Barakallah alhamdulillah ya Allah kedua kali kesempatan ini diberikan kepada anak didik kami, selamat ananda Davina. Kami minta jangan langsung berpuas diri, tetap rendah hati, tetap jadi anak salehah, fokus sama yang akan dijalani. Semoga dapat posisi terbaik, dan tampilkan yang terbaik untuk bangsa Indonesia," sebutnya

Pencapaian Davina Anis Raisha menjadi motivasi bagi siswa lainnya dan civitas akademika YPSA untuk bisa lebih berkembang dan mengikuti event lainnya di tingkat nasional maupun internasional.

4 dari 4 halaman

Aktif Berorganisasi

Nabil Arya Barata Lubis merupakan putra satu-satunya dari pasangan Jeffry Barata Lubis dan Santi Elni. Ayah Nabil berprofesi sebagai wartawan, sedangkan ibunya bekerja di Dinas Kesehatan Mandailing Natal.

Dikatakan Jeffry, Nabil adalah anak yang aktif di berbagai organisasi sekolah. Juga merupakan pribadi yang penuh percaya diri dan aktif di berbagai aktivitas positif, sehingga membuatnya berhasil mencapai prestasi terpilih menjadi perwakilan Sumut sebagai Paskibraka Nasional.

"Dia juga Ketua English Klub di sekolah, Ketua Kelas juga, dan Ketua Pengaman OSIS. Memang anaknya aktif di organisasi sekolah," sebut Jeffry.

Diungkapkan Jeffry, Nabil aktif di berbagai organisasi sekolah demi mencapai cita-citanya menjadi seorang Polisi. Jeffry juga selalu berpesan ke Nabil, untuk mencapai yang diinginkan harus atas usaha sendiri.

"Cita-citanya jadi Akpol. Saya bilang, kejar aja, wujudkan dengan prestasi, sebagai orang tua terus mendukung," ungkapnya.

Nabil Arya Barata Lubis merupakan seorang anak laki-laki yang Lahir di Batu Sondat, 12 Oktober 2007, dan merupakan anak ke-2 dari 5 bersaudara.

Nabil bersekolah di SDN 116 Percontohan Panyabungan, MTSN 2 Panyabungan, dan saat ini bersekolah di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, Mandailing Natal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat