uefau17.com

8 Rekomendasi Tempat Menikmati 'Sunrise' di Yogyakarta, dari Gunung hingga Pantai - Regional

, Yogyakarta - Sunrise atau matahari terbit memiliki keindahan tersendiri yang banyak dicari. Momentum sunrise pun bisa dinikmati di berbagai sudut Kota Yogyakarta.

Selain karena keindahannya, berburu sunrise juga banyak digemari karena selalu menawarkan udara yang sejuk. Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, berikut beberapa rekomendasi tempat menikmati sunrise di Yogyakarta:

1. Bukit Cendana

Bukit Cendana berada di daerah Kulonprogo, tepatnya di Tegiri 2, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Tak hanya sunrise, di Bukit Cendana para pengunjung juga bisa menikmati sunset.

Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona. Terdapat gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan hamparan hijau yang memanjakan mata. Pengunjung juga bisa melihat luasnya Waduk Sermo dari tempat ini.

2. Bukit Ngisis

Bukit Ngisis berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Bukit ini berada di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian sekitar 900 mdpl.

Dari puncak bukit, pengunjung bisa menikmati pemandagan yang indah. Saat langit cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro sekaligus. Tak hanya sunrise, di puncak bukit ini juga bisa dijadikan spot menikmati sunset.

3. Bukit Panguk

Bukit Panguk berada di Kediwung, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bukit ini menghadap ke timur, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi menikmati matahari terbit.

4. Gunung Ireng

Gunung Ireng berada di Ngrancahan, Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama Gunung Ireng berasal dari bahasa Jawa yang berarti gunung hitam.

Gunung ini terdiri dari bebatuan hitam yang dikelilingi sedikit pepohonan. Bebatuan yang ada di Gunung Ireng mirip dengan yang ada di bukit Nglanggeran.

Lokasi tempat wisata Yogyakarta yang berada di dataran tinggi ini membuat suasana di Gunung Ireng terasa sejuk dan dingin. Gunung Ireng menjadi pilihan destinasi wisata untuk menikmati suasana sunrise.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunung Merapi

5. Gunung Merapi

Menikmati sunrise di Yogyakarta juga bisa dilakukan di Gunung Merapi. Gunung yang menjadi patokan mata angin bagi warga Yogyakarta ini berdiri gagah dan memesona. Gunung Merapi menjadi salah satu spot menikmati sunrise terbaik di Yogyakarta.

6. Pantai Jungwok

Tak hanya di dataran tinggi, menikmati sunrise juga bisa dilakukan di dataran rendah. Pantai Jungwok menjadi salah satu lokasi menikmati keindahan sunrise di Yogyakarta.

Pantai Jungwok berada di tepi pesisir pantai timur Yogyakarta, yaitu di Pendowo, Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Panorama alam lautan dan langit berpadu sempurna dengan keindahan matahari terbit yang indah.

7. Pantai Krakal

Masih seputar pantai, Pantai Krakal berada di Rejosari, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung akan menikmati keindahan matahari terbit yang dipadukan dengan hamparan luas lautan lepas dari bibir pantai.

8. Pantai Sundak

Pantai ini berada di Jalan Pantai Sundak, Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini dihiasi oleh pasir putih, tebing, dan batuan karang. Sambil menikmati sunrise, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain sepak bola pantai, bermain voli, atau bermain game outbond beramai-ramai.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat