uefau17.com

Menembus Batas, Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara Sambut HUT ke-78 Indonesia - Regional

, Jakarta - Guna menyambut Hut Kemerdekaan Indonesia ke 78 Terus Melaju untuk Indonesia Maju, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berkolaborasi dengan Pekan kebudayaan Nasional dan Gita Bahana Nusantara mengadakan Konser kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2023 dengan mengangkat tema " Menembus Batas"

Konser kemerdekaan yang diselenggarakan di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta pada 12 Agustus 2023 dimeriahkan oleh Eunice Tong sebagai konduktor dan penyanyi jebolan Indonesian Idol pada musim ke-10, Novia Bachdim.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, konser kemerdekaan disambut meriah oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Konser kemerdekaan ini bertujuan mempopulerkan kebudayaan bangsa Indonesia, dan dilaksanakan sebagai bentuk persiapan sebelum tampil di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023.

“Ini kali pertama saya menonton konser kemerdekaan, senang sekali dapat menikmati lagu daerah dan juga lagu nasional pada konser kemerdekaan ini, semoga tahun depan bisa diadakan kegiatan serupa dan saya berkesempatan untuk menontonnya juga,” kata Adelia Firdausi, warga yang menonton konser kemerdekaan, Sabtu (12/8/2023).

Dengan tema Menembus Batas, Konser ini dimaknai sebagai mantra penyemangat peserta dan penonton bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia, juga sebagai gambaran keberhasilan peserta yang mampu menembus batas diri melawan ribuan peserta di seluruh Indonesia dan terpilih 199 putra putri unggulan Tanah Air untuk tampil di Istana Merdeka.

“Melanjutkan semangat pendidikan dengan menggencarkan merdeka belajar untuk mampu berkembang sesuai bakat potensi dan minat, serta mengedepankan semangat gotong royong. Melalui konser kemerdekaan kolaborasi Kemendikbudristek, Pekan Kebudayaan Nasional dan Gita Bahana Nusantara, saya sangat mengapresiasi seluruh peserta, adek-adek adalah semangat perwujudan untuk mewujudkan cita cita masa depan dengan merdeka belajar,” kata Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui tayangan virtual di kesempatan yang sama.

Pembacaan puisi Bung Karno yaitu Aku Melihat Indonesia dan penampilan musik orkestra seperti Rayuan Pulau Kelapa, Hari Merdeka, Satria Indonesia, Butet, Ondel-Ondel dan lainnya disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari masyarakat yang hadir. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat