uefau17.com

Rayakan Hari Hutan dengan "Trust The Tree" - Regional

, Jakarta Merayakan Hari Hutan Indonesia, Forest Stewardship Council (FSC) menggelar FSC Forest Week 2023

FSC adalah sebuah organisasi internasional yang menyediakan sistem untuk akreditasi dan sertifikasi produk hasil hutan. Tujuannya memastikan bahwa produk yang dihasilkan sudah menjamin keberlangsungan hutan. Pengelolaan hutan yang bertanggungjawab sehingga jaminan hutan akan lestari.

Dalam rangkaian program FSC Forest Week 2023 tersebut, diproyeksikan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sertifikasi FSC.

Indra Setia Dewi, dari FSC Indonesia menyebutkan tema FSC Forest Week 2023 adalah "Trust The Tree". Kampanye hutan lestari ini bahkan membawa logo yang menggambarkan masyarakat adat di antara pohon dan satwa liar.

"FSC Forest Week 2023 ingin menyampaikan bahwa masyarakat dapat mempercayai produk hasil hutan yang telah berlabel FSC. Artinya produk itu telah lulus serangkaian audit yang bertujuan mempertahankan keberlangsungan hidup mahluk hidup mulai dari pepohonan, satwa dan masyarakat adat," kata Indra Setia Dewi.

Sementara itu, Reza Andreanto, dari Tetra Pak salah satu perusahaan yang sudah memegang sertifikasi FSC menyebutkan bahwa perusahaannya wajib memperhatikan lingkungan.

"Sebagai produsen kemasan yang mempergunakan bahan baku kertas, kami harus memastikan bahwa hutan dunia dikelola dengan mempertimbangkan faktor sosial, kelestarian alam, dan ekonomi," kata Reza, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia dan Singapura.

Penggunaan label Trust The Tree pada kemasan karton diharapkan meningkatkan kesadaran bahwa keanekaragaman hayati dan ekosistem pendukungnya harus terus ditingkatkan. 

"Label Trust The Tree menunjukkan bagaimana kemasan karton dapat mendukung keanekaragaman hayati dan ekosistem pendukung," kata Reza.

Pada FSC Forest Week 2023 digelar berbagai kontes. Mulai dari FSC Forest Week 2023 Fun Selfie Contest, FSC Forest Week 2023 Video Creative Contest, FSC Forest Week 2023 Song Contest, Launching FSC Forest Week Theme Song 2023 , SEMINAR Sustainable Initiative 2023 hingga WEBINAR FSC Forest Week 2023.

Para pemenang akan mendapat hadiah dengan rincian Fun Selfie Contest, Video Creative Contest dan Song Contest mendapatkan masing-masing 1 buah smartphone 4G dan khusus untuk pemenang utama FSC Forest Week 2023 Song Contest akan mendapatkan kontrak distribusi rekaman lagunya pada perusahaan rekaman musik BIG Records Asia atau NORTON Records.

Isra Ruddin, Direktur Utama IRCOMM Norton Capital selaku penyelenggara bersama Tetra Pak menyebutkan dukungannya terhadap edukasi dan komunikasi FSC Indonesia.

"IRCOMM makin tertantang melaksanakan kegiatan dan program edukasi dan komunikasi kepada masyarakat akan pentingnya label FSC bagi kehidupan sehari-hari," kata Isra.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat