uefau17.com

Dimulai 1 Agustus, Simak Rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI - Regional

, Bandung - Memasuki Agustus 2023, masyarakat Indonesia akan segera menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun pemerintahan juga turut menggelar serangkaian kegiatan yang akan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI pada Agustus tahun ini.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Negara (Sesmensetneg) Setya Utama pada Senin (31/7/2023) lalu. Ia menyampaikan tema perayaan pada tahun ini mempunyai gambaran mengenai semangat bangsa Indonesia.

“Tema ini merefleksikan  semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan jika kegiatan-kegiatan pada tahun ini tidak hanya berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan saja namun juga di tempat-tempat lainya. Ia juga menyampaikan tahun ini perayaan bisa dilaksanakan dengan lebih leluasa dan semarak.

“Alhamdulilah setelah kita mengalami masa pandemi, saat ini kita bisa lebih bebas, lebih leluasa untuk merayakan bulan kemerdekaan ini dengan lebih semarak,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-78 RI

Kegiatan dalam bulan kemerdekaan Indonesia diketahui dimulai dengan adanya dzikir dan doa kebangsaan yang digelar di halaman depan Istana Merdeka. Kegiatan ini dimulai pada Selasa (1/8/2023).

“Seperti sebagaimana biasa, agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” ujarnya.

Acara selanjutnya adalah digelarnya Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan pada 14 Agustus dan dilanjutkan dengan Upacara Pengukuhan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada hari berikutnya.

Kemudian terdapat acara kenegaraan yaitu Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024 pada 16 Agustus di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Agenda selanjutnya dilaksanakan pada 17 Agustus yaitu Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Serta dilanjutkan dengan acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi hari dan upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari.

Perlu diketahui masyarakat juga dapat hadir secara luring dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi Pandang Istana. Sehingga para masyarakat bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti upacara secara langsung.

Berikut ini sejumlah daftar rangkaian acara peringatan HUT ke-78 RI:

  • 1 Agustus 2023: Dzikir dan Doa di Istana Merdeka
  • 5 Agustus 2023: Gelaran Pemecahan Rekor Dunia (Guiness World of Records) Angklung Tahun 2023
  • 6 Agustus 2023: Peragaan busana kebaya di area luar depan Istana Merdeka
  • 14 Agustus 2023: Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan
  • 15 Agustus 2023: Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
  • 16 Agustus 2023: Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian RUU dan APBN Tahun 2024
  • 17 Agustus 2023: Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata
  • 17 Agustus 2023: Acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi hari
  • 17 Agustus 2023: Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari
  • 17 Agustus 2023: Acara Gemilang Silang Monas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat