uefau17.com

27 Juli Diperingati sebagai Hari Sungai Nasional, Ini Cara Merayakannya - Regional

, Jakarta - Setiap 27 Juli diperingati sebagai Hari Sungai Nasional di Indonesia. Hari ini diperingati setiap tahun pada 27 Juli untuk menghargai dan mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian sungai.

Tujuan Hari Sungai Nasional adalah menggerakkan masyarakat untuk berkolaborasi dan bergotong royong menjaga kebersihan dan kelestarian sungai di sekitar kita, bukan sebagai tempat sampah raksasa.

Hari Sungai Nasional pertama kali diperingati pada 2011, setelah ditetapkan dalam Pasal 74 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Sungai Nasional antara lain, pembersihan sampah dan gangguan aliran di sungai, mengidentifikasi sumber pencemaran sungai.

Kemudian, penanaman tumbuh-tumbuhan yang sesuai di sempadan sungai. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai.

Selain itu, pada Hari Sungai Nasional, pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat bersama-sama melakukan pemantauan dan pemeliharaan sungai.

Kampanye khusus ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya sungai bagi kehidupan, menjaga kebersihan sungai, dan memanfaatkan sungai agar tetap lestari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Sungai Sedunia

Selain Hari Sungai Nasional, ada juga Hari Sungai Sedunia yang diperingati setiap tahun pada minggu terakhir September.

Adapun tujuan Hari Sungai Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran publik dan mendorong pemantauan sungai yang lebih baik di seluruh dunia.

Perayaan Hari Sungai Sedunia bertujuan untuk mengingatkan kita akan pentingnya sungai bagi keanekaragaman hayati dan kebutuhan untuk melindungi dan memeliharanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat