uefau17.com

Resep Mudah Membuat Bumbu Kacang, Kunci Kelezatan Kuliner Indonesia - Regional

, Jakarta - Bumbu kacang sering digunakan sebagai salah satu pelengkap pada beberapa hidangan dalam setiap produk kuliner Indonesia.

Seperti hidangan satai, gado-gado, ketoprak, pecel, dan lain-lain. Saus kacang ini memiliki rasa yang kaya, gurih, manis, dan sedikit pedas.

Bahan utamanya yaitu kacang tanah. Biasanya digoreng terlebih dahulu untuk menghasilkan rasa yang khas dan aroma yang sedap.

Kacang tanah juga bisa digunakan dalam bentuk yang sudah digoreng atau dikupas kulitnya terlebih dahulu, tergantung pada preferensi dan ketersediaan.

Bahan-bahan

- 200 gram kacang tanah, digoreng

- 3 siung bawang putih, cincang halus

- 3 buah cabai merah, biji dihilangkan dan cincang halus (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok makan kecap inggris

- 1 sendok makan gula merah, serut atau parut halus

- 1 sendok teh air asam jawa- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)

- Air secukupnya

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Bumbu Kacang

Cara membuat bumbu kacang

1. Siapkan blender atau penggiling makanan. Masukkan kacang tanah, bawang putih, cabai merah, kecap manis, kecap inggris, gula merah, air asam jawa, garam, dan kaldu bubuk ke dalam blender.

2. Blender atau giling bahan-bahan tersebut hingga halus. Tambahkan sedikit air jika diperlukan untuk memudahkan proses blending atau penggilingan. Tujuan akhir adalah mencapai tekstur yang halus dan lembut.

3. Setelah bumbu kacang halus, cicipi dan sesuaikan rasa sesuai preferensi pribadi. Tambahkan garam atau gula jika diperlukan.

4. Jika bumbu kacang terlalu kental, tambahkan sedikit air dan aduk rata hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Jika terlalu encer, tambahkan lebih banyak kacang tanah untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

5. Setelah bumbu kacang selesai, Anda dapat menggunakan bumbu kacang ini sebagai saus untuk satai, gado-gado, atau hidangan lainnya sesuai selera.

6. Sajikan bumbu kacang dalam wadah yang kedap udara dan simpan di lemari es jika tidak langsung digunakan. Bumbu kacang dapat bertahan selama beberapa hari jika disimpan dengan baik.

Itulah resep sederhana untuk membuat bumbu kacang. Anda dapat menyesuaikan rasa dan konsistensi sesuai dengan selera pribadi. Selamat mencobamencoba

Penulis: Belvana Fasya Saad

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat