uefau17.com

Mengintip Persiapan Haul ke-217 Datuk Kelampayan Pekan Depan di Banjar - Regional

, Martapura - Sepekan menjelang Haul ke-217 Maulana Syech Muhammad Arsyad Al Banjari (Datuk Kelampayan), jajaran Polres Banjar lakukan rapat koordinasi rencana persiapan pengamanan. Pelaksanaan haul dilaksanakan di Masjid Tughfaturraghibin Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rakor dipimpin oleh Kabag OPS Polres Banjar, Kompol Abdul Mufid, mewakili Kapolres Banjar, AKBP M. Ifan Hariyat Taufik di Aula Sarjana Arya Rancana Polres Banjar, Kamis sore 20 April 2023. Turut hadir Pejabat Utama Polres Banjar, Pasi Ops Kodim 1006/Banjar, Camat Martapura Timur, Kapolsek Martapura Timur, Kapolsek Martapura Barat, Kapolsek Astambul, Perwira Polres Banjar dan Para Relawan Panitia Haul.

Haul ke-217 Datuk Kelampayan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2023 atau pekan depan. Sebanyak 600 personel terdiri gabungan TNI-Polri, Instansi terkait Dishub Kab. Banjar, BPBD Kab. Banjar, PUPR Kab. Banjar, Satpol PP Kab. Banjar, Damkar dan SAR Kab. Banjar, serta para relawan dari komunitas-komunitas yang ada di Kab. Banjar.

Sedangkan rincian pemetaan pengamanan meliputi Ring I (Lokasi Acara), Ring II (Lokasi Parkir), dan Ring III (Jalur masuk dan kembali Jemaah).

“Kita mengimbau kepada jemaah yang hadir dalam acara haul Datuk Kelampayan nantinya agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat Taufik.

Kapolres Banjar itu juga meminta kepada jemaah agar mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan dari petugas, baik yang melalui jalur darat maupun yang menggunakan jalur sungai.

"Tempati kantong-kantong parkir yang telah disediakan dengan rapi dan tertib, sehingga memudahkan saat akan kembali, pastikan juga kendaraan dalam keadaan dikunci stang atau ada tambahan kunci ganda”, pesan Kapolres Banjar.

Hal ini diingatkan dengan dasar pengalaman-pengalaman sebelumnya untuk kenyamanan jemaah mengikuti haul. Termasuk juga dengan meminta kepada jemaah bila perlu mencatat nomor kontak petugas parkir atau Posko setempat.

Demi keamanan sebagaimana biasanya, Kapolres juga menyampaikan agar masyarakat atau jamaah untuk tidak membawa senjata tajam, miras, dan obat-obatan terlarang (narkoba). Kemudian dipastikan sebelum meninggalkan rumah, alat-alat yang berhubungan dengan listrik dimatikan, pintu dan jendela dikunci.

Para jemaah yang menghadiri haul Datuk Kalampayan usai acara, saat akan kembali agar menggunakan jalur kembali saat datang. Pesan ini guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kemacetan, baik yang datang dari arah Banjarbaru, Hulu Sungai, Banjarmasin, Marabahan maupun jemaah dari seputar Martapura.

“Ikutilah rambu-rambu petunjuk arah serta arahan dari petugas, dan kepada para pedagang kaki lima agar tidak menempati badan jalan atau bahu jalan, mengingat jalur pada lokasi haul sangat sempit,” tutup AKBP M. Ifan Hariyat Taufik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat