uefau17.com

Lepas 401 Orang Peserta Mudik Gratis, Polres Garut Siapkan Penjemputan - Regional

, Garut - Kepolisian Resort (Polres) Garut, Jawa Barat melepas sekitar  401 warga perantau, dalam program mudik gratis presisi polres Garut 2023. Rencannya polres telah menyediakan bis kepulangan, untuk tujuan ke Garut.

“Tujuannya terjauhnya Jogjakarta, Solo, Cilacap, Kebumen,” ujar Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro usai melepas 6 rombongan bis mudik gratis presisi Polres Garut 2023, di Mapolres Garut, Rabu (19/4/2023).

Menurutnya, program mudik gratis presisi polres Garut 2023 merupakan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk memberikan kemudahan arus transportasi bagi warga.

“Untuk saat ini ada 6 Armada bus dan kita akan kawal Insyaallah sampai di tujuan,” kata dia.

Upaya itu ujar dia, diharapkan mampu mengurangi jumlah volume kendaraan yang melintas saat mudik lebaran 2023 berlangsung.

“Kita memberikan sedikit edukasi kepada masyarakat bahwa kita ada aware of crisis segala macam, yang bisa menimbulkan kerugian material,” kata dia.

Dengan upaya itu, program mudik gratis presisi polres Garut 2023, diharapkan menjadi kegiatan rutin tahunan yang bisa digelar instusi lain baik pemerintah daerah (Pemda), termasuk instansi swasta.

“Bisa juga para pengusaha pelaku usaha dan segala macam,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Bis Kepulangan

Tidak hanya mudik, rencannya polres Garut menyediakan bis kepulangan tujuan Garut pada 25 April mendatang. “Sudah kita siapkan jemputnya di lokasi titik yang sama,” kata dia.

Saat ini baru sudah sekitar 171 warga telah mendaftar untuk tujuan arus balik balik ke Garut bersama Polres Garut. “Nanti tinggal daftar ulang, tadi sudah sampaikan,” kata dia.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengapresiap kegiatan mudik gratis yang digelar polres Garut pertama kali ini. Menurutnya, tagline mudik gratis ‘mudik aman dan berkesan’ diharapkan mampu menjadi solusi warga untuk balik kampung dengan mudah.

“Ini kalau disosialisasikan bisa ribuan yang pesan,” kata dia.

Rudy mencatat, saat ini jumlah perantau di Garut berjumlah sekitar 200 ribu jiwa atau sekitar 8 persen dari populasi masyarakat Garut.

“Jadi warga Garut itu tidak hanya banyak yang keluar (merantau) ke pulau Sumatera gitu kan tapi juga yang ada di sini (perantau) banyak,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat