uefau17.com

Profil Irjen Karyoto, Kapolda Metro Jaya yang Gantikan Irjen Fadil Imran - Regional

, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ini tengah melakukan rotasi sejumlah jabatan yang ada di Polri. Salah satunya adalah menunjuk Irjen Karyoto menjadi Kapolda Metro Jaya.

Irjen Karyoto sebelumnya merupakan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK sejak 2020 lalu. Nama Irjen Karyoto tertera dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Karyoto pun akan mengganti posisi Irjen Fadil Imran yang dimutasi menjadi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Jabatan yang akan ditempati Irjen Fadil itu sebelumnya diisi Komjen Arief Sulistyanto yang memasuki massa pensiun.

Ada sejumlah jabatan yang pernah ditugaskan oleh Irjen Kartoyo salah satu di antaranya menjadi Wakapolda DIY pada 2019.

Irjen Karyoto merupakan pria kelahiran Oktober 1968 di Pemalang, Jawa Tengah. Karyoto lulusan dari Akademi Kepolisian pada 1990.

Ia juga sempat bertugas dengan jabatan-jabatan penting sebelum ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya.

Karyoto pernah menjabat menjadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah DI Yogyakarta yang dijabatnya dari Agustus 2019 hingga April 2020. Kemudian ia dipilih untuk menjabat sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK sejak 2020.

Karyoto juga pernah bertugas di Bareskrim Polri serta menjabat menjadi Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN sekitar 2016. Salah satu kasus besar yang pernah ia tangani dalam jabatan sebelumnya di KPK adalah kasus suap Edhy Prabowo.

Selain itu, Karyoto pernah menangani kasus suap mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming dan juga kasus suap mantan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Ardian Noervianto. Kasus besar lainnya adalah suap dua Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh.

Banyak sejumlah kasus-kasus besar yang turut ditangani oleh Irjen Karyoto saat masih menjabat di KPK. Adapun saat ini dia ditunjuk untuk menjadi Kapolda Metro Jaya untuk menggantikan Irjen Fadil Imran yang dimutasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rotasi Lainnya

Dalam telegram kapolri, terdapat beberapa nama jenderal yang turut dirotasi jabatan. Posisi Komjen Rycko Amelza yang saat ini menduduki posisi Kalemdiklat Polri selanjutnya akan diamanahi tugas baru di luar struktur Polri.

Sementara itu, posisi Komjen Purwadi Arianto yang menjabat Seslemhanas saat ini akan dipersiapkan menjadi Kalemdiklat Polri.

Irjen Rudy Sufahriady yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulteng akan ditempatkan sebagai Pati Lemdiklat. Posisi Kapolda Sulteng selanjutnya akan diisi oleh Irjen Agus Nugroho yang saat ini bertugas di BPOM.

Komjen Luki Hermawan yang menjabat Wakil Kepala BSSN saat ini dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri bidang Politik.

Kapolda Jabar yang dijabat Irjen Suntana selanjutnya digantikan Irjen Ahmad Wiyagus yang saat ini menjabat Kapolda Lampung. Tongkat komando Kapolda Lampung selanjutnya diserahkan kepada Irjen Helmy Santika yang saat ini mejabat Kapolda Gorontalo.

3 dari 3 halaman

Kapolda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Selanjutnya dijabat Irjen Angesta Romano Yoyol yang saat ini menjabat Widyaiswara Lemdiklat Polri. Jabatan Irjen Yoyol selanjutna diserahkan kepada Brigjen Adang Ginanjar.

Kapolda Kalbar yang dijabat Irjen Suryanbodo Asmoro berganti kepada Brigjen Pipit Rismanto yang sebelumnya menjabat Dirtipidter Polri. Irjen Suryanbodo selanjutnya persiapan massa pensiun. Posisi Dirtipidter selanjutnya diisi oleh Brigjen Hersadwi Rusdiyono.

Kepala STIK Lemdiklat Polri yang sebelumnya dijabat Irjen Yazid Fanani berganti kepada Irjen Nico Afinta. Yazid selanjutnya menjabat analis kebijakan utama Lemdiklat Polri. Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya yang dijabat oleh Brigjen Hendro Pandowo selanjutnya berganti kepada Brigjen Suyudi Ario Seto yang sebelumnya menduduki jabatan penyidik tindak pidana utama  Tingkat I Bareskrim Polri.

Posisi Suyudi selanjutnya diisi oleh Brigjen Yoyon Tony Surya Putra yang saat ini menjabat analis Kebijakan Utama Bidang Pidter.

Gubernur Akpol yang dijabat Irjen Suroto selanjutnya diserahan kepada Brigjen Krisno Halomoan Siregar yang saat ini menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. 

Kapolda Sulsel yang dijabat Irjen Nana Sudjana selanjutnya dijabat Irjen Styo Boedu Moempoeni Harso yang saat ini menjabat Wadankorbrimob Polri. Irjen Nana selanjutnya akan ditugaskan di DPR RI.

Brigjen Imam Widodo yang menjabat Danpaspelopor selanjutnya menjabat Wadankorbrimob. Posisi Imam selanjutnya diisi oleh Brigjen Waris Agono yang menjabat Wakapolda Sultra.

Posisi Brigjen Waris selanjutnya diisi oleh Brigjen Dwi Irianto yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama bidang Pidter Bareskrim Polri. 

Brigjen Mulyadi Kaharni yang menjabat sebagai Irwil IV Itwasum Polri, dimutasikan sebagai nalais Kebijakan Utama Bidang Jemen Itwasum Polri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat