uefau17.com

Detik-detik Pengasuh Ponpes Al Munir Jepara KH Rofiq Malik Meninggal saat Isi Ceramah - Regional

, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muniroh Jepara yang juga Wakil Rois MWC NU Donorojo, Kabupaten Jepara, KH Rofik Malik meninggal dunia usai ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW pada acara wisuda santri, pada Rabu (8/3/2023) pukul 22.00 WIB.

KH Rofik meninggal sesaat setelah selesai melakukan ceramah dan akan memimpin salawat nabi kepada ribuan jamaah di Ponpes Al Muniroh yang berlokasi di Desa Blingoh, Kecamatan Donorjo, Kabupaten Jepara.

Dalam ceramahnya, KH Rofiq Malik sempat mengingatkan tentang tempat terbaik menurut Allah SWT.

“Bumi ini tempatnya Allah, tapi Allah punya pilihan di antaranya beberapa tempat. Majelis taklim, pondok pesantren, majelis zikir itu menjadi pilihan Allah yang membawa barokah,” kata Rofiq dalam tayangan video yang beredar.

Berdasarkan sejumlah tayangan video sebelum kematiannya, KH. Rofik begitu bersemangat saat berdakwah. Namun, setelag meletakkan mikrofon dan hendak disambung rebana tiba-tiba kondisinya lemas.

“Shallu ‘ala Muhammad,” teriak KH. Rofik sebelum tubuhnya ambruk ke lantai.

Sontak sejumlah orang yang berada di sebelah kemudian bergegas menolong. Namun, Tuhan berkata lain Rofik dinyatakan meninggal dunia. Kemudian, Rofik diangkat orang-orang sekelilingnya dengan kondisi lemas dan tidak berdaya.

Duka mendalam meninggalnya Rofik Malik disampaikan Wakil Ketua PCNU Jepara KH. Hisyam Zamroni. Meninggalnya kiai muda ini cukup mengejutkan banyak pihak mengingat yang bersangkutan, tidak sakit. Namun diihadapkan dengan kematian yang begitu indah.

Menurut Hisyam, Rofik Malik adalah wakil Rais MWC NU Doronojo yang aktif dan energik. Ia merupakan sosok yang responsif dan mempunyai wawasan yang luas.

“Saya sering bertemu dalam kegiatan struktural NU maupun kegiatan masyarakat. Kita semua sangat kehilangan beliau,” ucap Hisyam.

Pemakaman KH Rofiq Malik dihadiri ribuan jamaah dan masyarakat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Muniroh tersebut.

KH Rofiq Malik dimakamkan di komplek pemakaman Ponpes Al Muniroh Bandungharjo, Jepara pada 9 Maret 2023 pukul 10.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat