uefau17.com

Tradisi Unik Perayaan Valentine di Berbagai Negara pada Hari Kasih Sayang - Regional

, Jakarta - Hari Valentine dirayakan di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu kalau setiap negara memiliki tradisi Hari Valentine yang berbeda. Penasaran seperti apa perayaan Valentine di negara lain? Yuk, cari tahu!

Merayakan hari kasih sayang tak melulu harus dengan makan malam romantis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat 14 Februari tiba. Bahkan, beberapa negara memiliki caranya masing-masing untuk merayakan Hari Valentine.

Ada yang menggantungkan berbagai surat cinta, kartu ucapan, bunga, di atas pohon. Ada yang merayakan hari kasih sayang setiap bulan. Ada yang merayakan Hari Valentine dengan pernikahan, dan masih banyak lagi.

Kira-kira seperti apa ya tradisi Hari Valentine di tempat lain? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Filipina

Di mulai dari negara yang terdekat dengan Indonesia, Filipina. Saat Hari Valentine banyak pasangan muda menikah dalam sebuah acara yang disponsori oleh pemerintah. Ini menjadi salah satu sebagai bentuk pelayanan publik.

2. Jepang

Para perempuan di Jepang biasanya akan memberikan cokelat kepada teman, lelaki yang disukai, atau kekasih mereka. Sementara para pria, mereka tidak bisa mengembalikan hadiah hingga 14 Maret. Moment ini dikenal sebagai White Day.

3. Korea Selatan

Yang ini lebih unik lagi. Para pasangan di Korea Selatan biasanya merayakan hari kasih sayang setiap bulan. Mereka tak hanya sekadar merayakan tanggal 14 Februari, tetapi mereka juga merayakan “Hari Mawar” di bulan Mei, “Hari Ciuman” di bulan Juni, hingga “Hari Pelukan” di bulan Desember.

Mereka merayakan Hari Valentine sepanjang tahun. Sementara para jomblo, akan merayakan “Hari Hitam” dengan memakan Jjajangmyeon pada bulan April.

4. Ghana

Di Ghana, 14 Februari diperingati sebagai “Hari Cokelat Nasional”. Ini adalah langkah yang diambil pemerintah Ghana pada tahun 2007 untuk meningkatkan pariwisata di negara tersebut.

Ghana adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Pada 14 Februari, seseorang dapat menghadiri pertunjukan, acara musik, dan restoran yang memiliki menu bertema untuk hari spesial tersebut.

5. Spanyol

Hari kasih sayang di Valencia, Spanyol jatuh pada tanggal 9 Oktober. Momen ini dikenal sebagai pesta Santo Dionysus, yang dirayakan di sebagian besar wilayah Spanyol dengan membuat 'macadora', patung marzipan.

Patung-patung itu dibuat oleh pria untuk diberikan kepada teman wanita mereka. Orang juga bisa menyaksikan parade warna-warni di jalanan desa-desa di Spanyol.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Bulgaria

Seperti negara lain, Bulgaria merayakan Hari Valentine dengan gayanya sendiri. Pada tanggal 14 Februari, San Trifon Zartan dirayakan di Bulgaria, yang berarti “hari pembuat anggur”. Pasangan muda dan tua merayakan cinta mereka dengan segelas anggur lokal yang nikmat.

7. Prancis

Diyakini bahwa kartu Hari Valentine pertama kali berasal dari Prancis, ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada tahun 1415.

Setiap tanggal 12 hingga 14 Februari, Desa Valentine di Prancis berubah menjadi pusat romansa.  Pada momen-momen tersebut, orang bisa melihat pekarangan, pohon, dan rumah yang indah dihiasi dengan kartu cinta, mawar, dan lamaran pernikahan.

8. Inggris

Di Inggris, para wanita biasa meletakkan lima lembar daun salam di atas bantal mereka saat Hari Valentine. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan impian calon suami mereka.

9. Italia

Awalnya, orang Italia merayakan hari Valentine sebagai festival musim semi mereka. Tradisi Hari Valentine Italia lainnya adalah bagi pasangan muda yang belum menikah. Mereka harus bangun sebelum fajar untuk melihat calon suami mereka.

Saat ini, orang Italia merayakannya dengan bertukar hadiah antara kekasih dan makan malam romantis.

10. Wales

Di Wales, Hari Valentine dirayakan dengan cara yang paling unik. Negara ini merayakan hari kasih sayang pada 25 Januari, yang disebut “Hari San Dwynwen”.

Pada hari itu, pasangan kekasih saling bertukar sendok kayu yang unik dan dibuat dengan tangan indah. Tradisi ini dipraktikkan sejak abad ke-16.

Itulah beberapa tradisi Hari Valentine yang unik di 10 negara di Dunia yang bisa kamu ketahui. Kira-kira tradisi daerah mana yang paling bikin penasaran?

Mungkin kamu bisa menjadikan salah satu tradisi tersebut untuk merayakan Hari Valentine tahun ini.

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat