uefau17.com

Seteru Pesulap Merah, Gus Samsudin Dianugerahi Gelar Bangsawan Keraton Solo - Regional

, Solo - Samsudin Jadab alias Gus Samsudin mendapatkan gelar bangsawan dari Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta. Pemilik Padepokan Nur Dzat Sejati di Blitar, Jawa Timur itu diberi kenaikan pangkat bangsawan dari keraton lantaran perbuatan yang dilakukan kepada masyarakat cukup baik.

Pemberian gelar bangsawan terbaru dari Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta itu diunggah Samsudin di channel YouTube miliknya, Gus Samsuden Jaddab. Video dengan judul ‘Gus Samsuden Diangkat Menjadi Kanjeng Raden Tumenggung Samsudin Condronegoro’ itu telah diunggah pada Minggu (18/12/2022) lalu dan telah ditonton sebanyak 190 ribu penonton.

Dalam unggahan video tersebut, Gus Samsudin tampak didampingi istri tercinta saat pemberian kenaikan pangkat gelar bangsawan. Pemberian gelar yang ditandai dengan penyerahan serat kekancingan itu dilakukan oleh Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah.

Saat menerima gelar kekancingan, Gus Samsudin terlihat memakai busana adat beskap jangkep berwarna hitam yang dilengkapi dengan blangkon dan samir. Ahli supranatural atau dukun yang sempat berseteru dengan Pesulap Merah itu tampak didampingi pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pokoso) Blitar, Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Pangkat Kekancingan

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah yang biasa dipanggil Gusti Moeng membenarkan jika Gus Samsudin mendapatkan gelar bangsawan dari Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta. Penyerahan kekancingan kenaikan pangkat tersebut telah dilaksanakan di komplek Keraton Surakarta atau Keraton Solo pada November 2022, lalu.

"Gelarnya KRT (Kanjeng Raden Tumenggung). Apapun kan dia sebagai tokoh masyarakat di lingkupnya itu dengan diberi kepercayaan penghargaan dari keraton biar semakin baik untuk berbuat kepada masyarakat," kata Gusti Moeng saat ditemui di komplek Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (28/12/2022).

Sebelumnya, Gus Samsudin juga pernah mendapatkan gelar bangsawan dari Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta. Hanya saja, Gusti Moeng tidak menyebutkan kapan pemberian gelar bangsawan yang pertama kalinya itu dilakukan. Pasalnya, pemberian gelar pada bulan kemarin merupakan kenaikan pangkat dari gelar bangsawan sebelumnya.

"Tadinya (gelarnya) Raden Tumenggung terus sekarang pakai tambahan kanjeng jadi Kanjeng Raden Tumenggung," ujar dia.

Dengan kenaikan pangkat kekancingan itu, kini gelar bangsawan yang disandang Gus Samsudin dari Raden Tumenggung Samsudin Condrodipo menjadi Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Samsudin Condronegoro.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat