uefau17.com

Pariwisata Berkelanjutan, Jurus Jitu Mencegah Lonjakan Sampah dan Emisi Seiring Geliat Wisata - Regional

, Bali - Serangan COVID-19 terus mereda. Pariwisata di Bali kembali menggeliat, jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara meningkat.

Data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Bali di Juni 2022, jumlah wisatawan mancanegara tembus di angka 180.000 orang.

BACA JUGA: VIDEO: Hasyim Asy’ari Dipecat, BEM UNUD Kirim Karangan Bunga ke KPU Bali

Namun ada dampak buruk yang terjadi, saat peningkatan jumlah wisatawan di Bali. Dari laporan Sungai Watch bertajuk ‘Impact Report October 2020-December 2021’, Bali menghasilkan 333.336 sampah anorganik, di mana 89 persen didominasi oleh sampah plastik.

Saat membuka Eco Tourism Week di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, peningkatan  wisatawan ke Bali harus disertai dengan pengurangan jumlah sampah plastik dan emisi karbon yang menjadi tantangan bersama.

Kementerian Parekraf mempunyai berbagai program telah mendorong berbagai destinasi wisata, agar menerapkan pembangunan yang lebih berkelanjutan.

Kemenparekraf juga berkomitmen akan selalu mendukung program, untuk membangun, mempertahankan kepedulian serta keberlanjutan di kalangan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Semoga Eco Tourism Week ini, bisa memberikan inspirasi dan edukasi bagi pelaku pariwisata Bali agar dapat mewujudkan keberlangsungan demi kemajuan masa depan lingkungan dan pariwisata Bali,” ucapnya, Rabu (14/12/2022).

Eco Tourism Bali (ETB) sebagai suatu ekosistem sirkular industri pariwisata yang memiliki tujuan utama, untuk menjaga kekayaan alam dan budaya Bali dengan memperbaiki perekonomian masyarakat local.

Lalu, menginisiasi pengembangan peta jalan pariwisata berkelanjutan untuk usaha kecil dan menengah hotel serta rumah makan di Bali. Dengan mengadakan perhelatan Eco Tourism Week, Sandiaga Uno mengharapkan agar bisa diterapkannya praktik-praktik pariwisata berkelanjutan.

“Kami telah menggandeng Kopernik untuk mengembangkan peta jalan, membuat rangka acuan dan alat pengukuran wisata berkelanjutan untuk usaha akomodasi dan rumah makan skala menengah dan kecil di Bali,” ucap Suzy Hutomo selaku Founder dan CEO dari Eco Tourism Bali.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri Pariwisata Berkelanjutan

Selama bulan April dan Mei 2022, Eco Tourism Bali bersama Kopernik sudah mewawancarai beberapa hotel usaha menengah dan kecil tersebar dari Selatan, Utara, Barat, Timur dan Tengah Bali sebagai referensi acuan dari peta jalan penerapan wisata berkelanjutan.

Pada tahap selanjutnya akan dilaksanakan proses serupa kepada rumah makan usaha, dengan skala menengah dan kecil di Bali.

Rahmi Fajar Harini, Co-founder dan COO dari Eco Tourism Bali menuturkan, Eco Tourism Week merupakan langkah awal terciptanya Bali sebagai pusat destinasi wisata berkelanjutan, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 6,7, 11 dan 12 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di dalam tahap awal pengembangan peta jalan industri pariwisata yang berkelanjutan, mereka telah merangkum dan mengeluarkan empat komponen utama dan 30 kriteria terinspirasi dari GSTC, untuk dapat memahami kelayakan dari bisnis akomodasi skala menengah dan kecil untuk wisata berkelanjutan.

“Keempat komponen tersebut adalah konservasi sumber daya, mengurangi polusi, konservasi biodiversitas dan manfaat sosial untuk komunitas lokal,” ujarnya.

Eco Tourism Week juga dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pemegang kebijakan termasuk pihak pemerintah dan asosiasi pariwisata, seperti ASITA, BTB, GMHA dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Nota Kesepahaman

Serta menggandeng Bali Investment Club (BIC) guna mendorong usaha-usaha rintisan yang melakukan bisnis berkelanjutan di Bali.

Salah satu agenda yang dilaksanakan pada saat Eco Tourism Week adalah penandatanganan Nota Kesepahaman antara Eco Tourism Bali dan Bali Tourism Board yang diwakili oleh Ida Bagus Partha Adnyana, atau yang lebih dikenal sebagai Gus Agung selaku Chariman Bali Tourism Board.

“Kami menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Eco Tourism Bali untuk mendorong pariwisata berkelanjutan,” ujar Gus Agung selaku Chariman Bali Tourism Board.

Untuk itu penandatanganan nota kesepahaman tersebut, akan tindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan bersama. Untuk menjadikan Bali sebagai destinasi wisata berkelanjutan di dunia.

Pada kuartal pertama tahun 2023, Eco Tourism Bali diharapkan sudah bisa mengeluarkan penilaian mandiri dan panduan lengkap utama untuk wisata berkelanjutan bagi bisnis akomodasi dan rumah makan usaha skala menengah dan kecil di Bali.

“Sehingga dapat mendorong tumbuhnya pelaku-pelaku industri wisata yang berkelanjutan di Bali,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat