uefau17.com

3 Wisata Unik Indonesia, Pencinta Liburan Harus Tahu - Regional

, Yogyakarta - Setiap negara memiliki destinasi wisatanya masing-masing, tak terkecuali Indonesia. Destinasi wisata Indonesia pun beragam, ada yang berupa wisata bahari, wisata alam, wisata edukasi, wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya destinasi wisata tersebut, ternyata Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang tergolong unik. Setidaknya, ada tiga destinasi wisata unik Indonesia. Apa saja?

1. Pantai Pemuteran

Pantai pemuteran berlokasi di Bali atau tepatnya berada di 55 km di pesisir barat pulau arah barat kota Singaraja dan 30 km dari Gilimanuk. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam.

Letaknya yang berada di sebelah utara pulau Bali (Laut Jawa) membuat ombak di pantai ini tampak sangat kecil dan jarang. Bahkan, seringkali pantai ini tak berombak, sehingga membuat destinasi wisata ini terasa sangat sunyi.

Selain itu, keberadaannya yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten maupun provinsi, membuat pembangunan daerah agak terhambat yang mengakibatkan sedikitnya jumlah pondok penginapan. Selain minim penginapan, di pantai ini juga jarang ditemui pedagang asongan, warung, restoran, maupun kafe.

Bisa dipastikan, suasana Pantai Pemuteran ini memang terkesan begitu sunyi, senyap, tenang, dan nyaman. Suasana tersebut sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menemukan kedamaian di tengah-tengah liburan.

Lokasi ini juga sangat cocok dijadikan lokasi untuk bermeditasi. Tak hanya itu, bagi pasangan yang ingin berbulan madu, lokasi ini juga terasa begitu intim.

Selain tenang, pengunjung juga masih bisa menikmati keindahan bawah laut yang banyak ditumbuhi 80% jenis terumbu karang di Indonesia. Bahkan, wisata bawah lautnya yang indah tersebut telah mendapat penghargaan dari sebuah organisasi pariwisata bawah laut sedunia, SKAL, pada November 2003.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Panas Dendang

2. Air Panas Dendang

Destinasi wisata unik selanjutnya adalah Air Panas Dendang yang terletak di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung. Keunikannya terletak pada tujuh mata air yang memiliki kadar panas berbeda.

Perbedaan kadar panas pada mata air tersebut diduga berasal dari gesekan batuan. Dinas Pariwisata, Perhubungan, dan Kebudayaan setempat telah berencana menjadikan tempat ini sebagai wisata pemancingan.

Pasalnya, di sana terdapat udang berukuran kecil berwarna kemerahan. Udang tersebut diduga berasal dari letak pulau yang berada di sungai air panas.

3. Pulau Segajah

Pulau Segajah berlokasi di wilayah Bontang Kuala, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Keunikan dari destinasi wisata ini yakni pulau yang hanya muncul ketika air laut surut.

Oleh sebab itu, destinasi wisata ini memberlakukan pembatasan waktu kunjung. Wisatawan yang ingin menikmati Pantai Segajah harus datang saat siang hari atau saat air laut surut hingga sore hari atau saat air laut akan pasang.

Jadi bisa dipastikan, pulau yang memiliki bentuk seperti gajah ini akan tenggelam, lenyap, dan tak terlihat saat malam hari. Selain itu, pantai ini juga memiliki kejernihan air yang menawan, sehingga wisatawan bisa melihat dasar laut yang dihuni oleh banyak bintang laut.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat